BOGOR, CEKLISSATU - Lima bus suporter Persib Bandung dilempari batu oleh sejumlah orang tak dikenal (OTK) usai timnya mengalahkan RANS Nusantara FC di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, kemarin.

Dari video yang beredar, peristiwa pelemparan batu yang terjadi di bilangan Sentul semalam itu menyebabkan kaca bus suporter pecah.

"Itu (terjadi) setelah pertandingan, jadi rombongan kan pulang, pas sampe exit tol sentul itu terjadi pelemparan, kemudian yang ngelempar itu diindikasi lari ke dalam minimarket," ujar Penasehat Viking Jabodetabek, Faisal Rahman kepada wartawan, Senin 20 Februari 2023.

Baca Juga : BSSN Siapkan Operasi Keamanan Antisipasi Serangan Siber Jelang Pemilu

Rombongan yang mendapatkan lembaran batu tersebut pun langsung turun dan mengejar terduga pelempar ke dalam minimarket. 

"Pintu minimarket dikunci, akibatnya cekcok lah untuk mengamankan yang diduga melempar. Setelah itu kemudian didapatkan lah beberapa orang yang bersembunyi di sana, langsung ditangani oleh polres setempat," ungkapnya. 

Beberapa orang tak dikenal ini pun, kata Faisal, langsung ditangani pihak kepolisian. 

Namun menurut Faisal, orang-orang yang diamankan tersebut mengaku kepada polisi sebagai juru parkir di minimarket tersebut. 

Faisal mengatakan, pasca aksi pelemparan tersebut, sedikitnya ada lima rombongan bus supporter Persib Bandung yang mengalami kerusakan.

"Kemungkinan ada 5 bus yang ruksak, bus cuma mengalami kaca pecah aja, untuk korban kemungkinan gak ada," terangnya. 

Saat ini, tambah Faisal, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak kepolisan untuk melakukan evaluasi.

"Kebetulan kita kan homebasenya sementara pindah ke sini, untuk tindak lanjut seperti apa kita belum tau, nanti kita berkoordinasi lebih lanjut," paparnya. 

Di segi pengaman supporter, kata Faisal, masih perlu dilakukan banyak evaluasi, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

"Yang kita harapkan, untuk pengamanan tim tamu dan tuan rumah jangan cuma pemain saja yang mendapatkan pengawalan khusus, supporter juga harus mendapatkan pengawalan yang sama sampe pintu tol," tegasnya.