BOGOR, CEKLISSATU - Tebingan yang berada di Jalan Raya Kertamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor longsor. Hal disebabkan hujan deras yang mengguyur sejak pagi tadi.

"Tanah longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas deras yang mengguyur di wilayah tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Hidayatulloh dalam keterangannya, Kamis (15/2/2024).

Hidayatulloh mengatakan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 11.15 WIB siang tadi. Adapun longsor itu memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan panjang kurang lebih 8 meter.

Baca Juga : Ini Penyebab Anggota KPPS di Leuwisadeng Meninggal Dunia

"Dampaknya material tanah longsor menutupi sebagian akses jalan bagi kendaraan. Juga membuat pohon setinggi 5 meter ikut tertarik dan miring sehingga membahayakan pengendara," terannya.

Tim gabungan dari BPBD Kota Bogor dan lainnya pun bergegas menuju lokasi untuk penanganan. Petugas menurunkan satu unit alat berat untuk membersihkan material longsor yang menutup sebagian badan jalan.

"Evakuasi material tanah longsor dengan menggunakan 1 unit alat berat dilakukan oleh personil Dinas PUPR Kota Bogor," tuturnya.

Saat ini, material longsoran tersebut sudah dibersihkan. Arus kendaraan di lokasi longsoran sudah kembali dapat melintas dengan normal.

"Assessment sudah selesai dilakukan, penyemprotan sisa material tanah longsor akan dilakukan oleh personel Dinas Pemadam Kebakaran. Perlunya pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di lokasi tersebut oleh dinas terkait," tandasnya.