JAKARTA, CEKLISSATU – Sebanyak 36 peserta dinyatakan lolos tes kesehatan seleksi anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Selanjutnya mereka harus siap-siap menjalani tes asesmen.

Diketahui, tahapan tersebut bakal berlangsung di Gedung Trans National Crime Center Mabes Polri, Jakarta Selatan, 13-15 Agustus 2024.

"Selama pelaksanaan tes asesmen, peserta harus berpakaian sopan dan rapi. Pembukaan tes asesmen dilaksanakan 30 Agustus pukul 07.30 WIB," ungkap Sekretaris Pansel Kompolnas, Yenti Garnasih, seperti dikutip, Kamis (8/8/2024).

Baca Juga : Tidak Hadiri Tes Tertulis, Tujuh Calon Pimpinan KPK Langsung Dinyatakan Gugur

Selain itu lanjut Yenti Garnasih, para peserta tersebut akan dibagi ke dalam tiga kelompok. Setiap kelompok akan mengikuti tes, dalam rentang waktu 13-15 Agustus 2024.

"Kelompok satu wajib mengikuti pembukaan di TNCC. Sedangkan kelompok dua dan tiga wajib mengikuti pembukaan melalui link zoom yang akan segera diberikan," terang Yenti Garnasih.

Terpisah, Ketua Pansel Kompolnas, Hermawan Sulistiyo menyebutkan, tes asesmen dilakukan guna mencocokkan kepribadian peserta.

"Asesmen tes untuk melihat personnya, yang melamar pada posisi komisioner kompolnas dengan jabatan yang akan diemban,” tuturnya. 

“Intinya hanya itu, kalau ada laporan masyarakat lagi kami akan kroscek ulang sampai tes terakhir wawancara yang akan kita lakukan di bulan september," tambahnya.

Sebelumnya, 36 orang dinyatakan lolos seleksi kesehatan Anggota Kompolnas. Mereka terdiri dari berbagai latar belakang profesi.

"Yaitu dosen 11 orang, advokat 5 orang, purnawirawan polri 5 orang, jurnalis 3 orang, wiraswasta 3 orang, komisioner periode 2020-2024 sebanyak 3 orang,” bebernya.

“Konsultan sebanyak dua orang, LSM sebanyak dua orang, Purnawirawan TNI sebanyak satu orang dan satu orang tenaga ahli," ucap Yenti Garnasih, beberapa waktu lalu.