BOGOR, CEKLISSATU -- Pasca penertiban bangunan liar di wilayah Puncak oleh Pemerintah Kabupaten Bogor pada Senin (24/6/2024), masyarakat mulai ramai mengunjungi rest area puncak. Bahkan kios-kios di rest area gunung mas tersebut ramai didatangi para pengunjung, pada Minggu (30/6/24).

Diketahui, sejumlah fasilitas yang tersedia di rest area gunung mas Puncak, yaitu kios-kios aneka makanan dengan harga terjangkau juga tersedia pembayaran non tunai.

Kemudian lahan parkir, toilet, masjid, wahana bermain anak, fasilitas lahan untuk kumpul keluarga (menggelar tikar atau karpet bagi pengunjung).

Baca Juga : Pedagang Kawasan Puncak Bogor Siap Dipindahkan ke Rest Area Gunung Mas, Minta Dipromosikan

Sementara itu untuk jam operasional rest area Puncak Gunung Mas yakni week days beroperasi dari pukul 08.00 hingga 23.00 WIB, dan untuk week end beroperasi selama 24 jam.

IMG_20240630_210857.webp
RAMAI PENGUNJUNG: Pasca penertiban bangunan liar di wilayah Puncak oleh Pemkab Bogor beberapa waktu lalu, kini masyarakat mulai ramai mengunjungi rest area Puncak. Selain harga makanan bersahabat, fasilitas pun cukup lengkap.

Seorang petugas pengelola rest area Puncak Gunung Mas dari PT. Sayaga Wisata yang enggan disebutkan namanya menuturkan, untuk parkir kendaraan baik motor maupun mobil itu tidak ada tarif alias gratis, toilet juga tidak ada tarif berbayar.

"Lahan parkir di sini cukup luas, dari bus, mobil juga motor, masyarakat atau pengunjung bisa menikmati fasilitas parkir yang kami sediakan secara gratis," ungkapnya.

Selain itu, seorang pegawai kedai CI NN, Lina mengakui, merasakan dampak positif pasca penertiban bangunan liar beberapa waktu lalu. 

Baca Juga : Pj Bupati Bogor: Gratis Biaya Retibusi untuk Pedagang di Rest Area Gunung Mas Puncak

Menurutnya dua bulan menempati kios di Rest Area Gunung Mas yang tadinya sepi pengunjung kini mulai ramai didatangi pengunjung.

IMG_20240630_210921.webp
RAMAI PENGUNJUNG: Pasca penertiban bangunan liar di wilayah Puncak oleh Pemkab Bogor beberapa waktu lalu, kini masyarakat mulai ramai mengunjungi rest area Puncak. Selain harga makanan bersahabat, fasilitas pun cukup lengkap.

"Alhamdulilah mulai ramai, selama dua bulan berjualan di sini kemarin-kemarin sepi, bahkan perhari hanya mendapat Rp30 ribu, kini bisa mencapai Rp100-200 ribu perhari terutama saat akhir pekan," ucap Lina. 

"Sekarang lebih ramai apalagi sejak ada pembongkaran, mungkin karena sudah dibongkar jadi pengunjung beralih ke sini. Mudah-mudahan semakin ramai, kalau semua pedagang sudah masuk rest area insya Allah saya optimis akan ramai," tuturnya.

Senada, pemilik kedai Plat A-A Rest Area Puncak Gunung Mas, Eni mengatakan, sejak adanya pembongkaran bangunan liar beberapa waktu lalu juga dibukanya gerbang taman wisata Gunung Mas, kini penghasilannya bertambah.

"Sangat membantu kami, alhamdulillah penghasilan kami di week end ini bisa mencapai Rp500 ribu perhari," bebernya.

"Mudah-mudahan semakin ramai, pedagang yang mau berjualan disini tidak perlu ragu, tempatnya nyaman, aman dan bersih juga ramai pengunjung, mungkin untuk sarana air perlu ditingkatkan lagi," lanjut Eni.

Sementara itu, pengunjung Rest Area Gunung Mas Puncak asal Bekasi, Riska menyampaikan bahwa fasilitas di rest area ini bersih, nyaman, luas, harga jajanannya juga sangat terjangkau. 

Menurutnya untuk harga juga standar terlebih tempat baru, fasilitas ruko ada meja nyaman dan bersih, ukuran harga jual di kawasan wisata apalagi Puncak ini sangat terjangkau.

"Tadi juga teman beli rokok harganya normal sesuai harga jual pada umumnya. Untuk lahan parkir juga luas tinggal jalan ke dalam, banyak aneka jajanan serunya lagi bayarnya juga tidak hanya cash tapi bisa cash 
less seperti Qris dan Dana," ujarnya.

Pengunjung rest area asal Kota Bogor, Heru menyatakan, adanya Rest Area Puncak Gunung Mas ini sangat membantu masyarakat atau pengunjung terutama pada saat pemberlakuan one way jadi bisa istirahat sekalian kulineran. 

Menurutnya, banyak food court yang tersedia di rest area ini, harganya juga sangat terjangkau fasilitasnya cukup lengkap apalagi parkirannya sangat luas.

"Rest Area Gunung Mas Puncak ini tempatnya bagus, ramah anak karena ada wahana bermain anaknya di sini, yang paling penting harganya terjangkau," harapnya. 

"Seperti mie rebus hanya Rp10 ribu, kopi juga cuma Rp7 ribuan per gelas masih normal dan terjangkau," pungkasnya.