CIANJUR, CEKLISSATU -  Selama musim kemarau tiga bulan terakhir sekitar 3,3 hektar lahan di Cianjur, Jawa Barat terbakar disebabkan ulah manusia. Selain lahan, objek lainnya yakni rumah warga, Selasa, 05 September 2023.

Dari data Pemadam Kebakaran Cianjur, mencatat  ada 13.886 meter persegi atau 3,3 lebih hektare lahan yang menjadi objek terjadinya kebakaran. 

“Ada 36 kasus kebakaran ya sampai bulan Agustus 2023 dan objek yang paling banyak itu lahan seluas 3,3 hektar atau 13.886 meter persegi. Yang tertatangani itu 19 kasus,” ujar Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Cianjur Hendra Wira.

Baca Juga : Terdeteksi KLHK, Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Dilarang Masuk Area Pemerintahan 

Masih kata Wira, kebakaran yang terjadi selama musim kemarau disebabkan puntung rokok yang dibuang sembarangan dan sampah yang dibakar warga. Wira menghimbau kepada warga agar tidak membakar sampah selama musim kemarau untuk menghindari kebakaran.

"Tolong kepada warga masyarakat untuk tidak membuang punting rokok sembarangan dan juga tidak membakar sampah selama musim kemarau ini,’’ imbuhnya.

Sementara itu, kebakaran lahan juga masih terjadi di sekitar jalan Raya Sukabumi-Cianjur pada Selasa, 05 September 2023, siang. Namun api cepat di padamkan tim Pemadam kebakaran Cianjur dan kebakaran lahan tidak meluas.