BOGOR, CEKLISSATU - Sekolah Dasar (SD) Bosowa Bina Insani mengenalkan siswa-siswi pada kesenian sunda melalui kunjungan ke Kampung Seni Edas pekan lalu (11/5/2023). Kegiatan yang berlangsung pukul 08.00 hingga 09.40 WIB ini diikuti oleh siswa-siswi seluruh kelas 2 SD.


Kunjungan ke Kampung Seni Edas diperkenalkan oleh SD Bosowa Bina Insani kepada siswa-siswi kelas 1-5 dengan jadwal hari yang berbeda. Keberangkatan kelas 2 SD didampingi oleh guru-guru, di antaranya Ms Budi, Ms Sri, Mr. Bagus, Ms. Dini, Ms. Dewi, dan Ms Syifa. 

Baca Juga : Merugi, Toko Buku Gunung Agung Akan Menutup Seluruh Outletnya


Kampung seni yang bercirikan khas tradisional sunda, mulai terlihat ketika rombongan disambut dengan lengser dan musik. Welcome drink dan kudapan tradisional khas sunda turut disajikan dalam penyambutan. 

Kampung Seni Edas yang berlokasi di Bogor Timur ini tidak hanya memperkenalkan santapan tradisional khas Sunda, tetapi juga ada musik, tarian, lagu, dan permainan.

“Acara ini sangat baik sekali. Kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa kecintaan pada budaya Sunda, mengenal kearifan lokal yang ada di Kota Bogor, dan permainan tradisional yang sudah terlupakan oleh teknologi,” ungkap Wali Kelas 2A, Ms. Sri.

Berbagai penampilan menjadi tontonan yang dinikmati oleh rombongan, di antaranya Kaulinan Urang Lembur, Langgir Badong, Tunggul Kawung, Wayang Kaleng, dan Lodong Bogor. SD Bosowa Bina Insani juga menyuguhkan penampilan lagu dan tarian sunda Tokecang. 
Siswa-siswi senang bermain dan belajar bersama memainkan alat musik Wekwok khas kampung seni Edas

“Seru nonton wayang kaleng. Banyak mainan alat-alat musik sama tari Sunda,” ungkap salah satu siswa kelas 2, Salsa.

Tidak hanya itu, rombongan mengikuti workshop memasang puzzle wayang yang kemudian dipraktikkan dan dibawa pulang oleh peserta sebagai souvenir. Siswa-siswi peserta rombongan sangat senang mengikuti rangkaian outing class ini. Rombongan meninggalkan lokasi Kampung Seni Edas pukul 09.40 WIB.