JAKARTA, CEKLISSATU - Dua kereta bertabrakan di Yunani, Rabu 1 Maret 2023 yang mengakibatkan puluhan orang tewas seketika.


Tabrakan melibatkan kereta penumpang dari Athena menuju Kota Thessaloniki di Utara Turki dan kereta kargo dari Thessaloniki tujuan Larissa.


Seorang korban selamat, Stefanos Gogakos menceritakan, kecelakaan maut paling mematikan itu membuat beberapa penumpang terlempar ke langit-langit kereta dan ke luar jendela.


“Kepala saya tersentak ke atap gerbong,” kata Stefanos Gogakos, yang berada di gerbong belakang, dikutip dari AP, Kamis, 2 Februari 2023.


Sementara keterangan dari Konstantinos Agorastos, Gubernur wilayah Thessaly, kecelakaan terjadi di luar Kota Larissa di Yunani Tengah. Tabrakan sangat keras.


"Empat gerbong kereta pertama tergelincir, sementara kereta kedua nyaris hancur," ungkapnya.


Menurut Agorastos, sekitar 250 penumpang kereta yang selamat dievakuasi ke Thessaloniki dengan bus. Seorang penumpang yang dievakuasi mengatakan kepada ERT bahwa dia berhasil menyelamatkan diri setelah berupaya memecahkan kaca jendela kereta dengan kopernya.


Hingga saat ini korban bertambah mencapai 43 jiwa. Pihak berwenang masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat kereta api setempat.