JAKARTA, CEKLISSATU -- Dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Finlandia, Elina Valtonen, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi meminta dukungan Finlandia untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Pertemuan tersebut juga dalam kunjungan kehormatan kepada Presiden Finlandia, Alexander Stubb.

"Kunjungan ke Helsinki juga saya gunakan untuk meminta dukungan Finlandia untuk mengakui Palestina," ungkap Retno Marsudi dalam keterangan tertulis, seperti dikutip, pada Jumat (14/6/2024).

Baca Juga : Menlu RI Retno Marsudi Kecam Serangan Israel Terhadap Gedung Diplomatik Iran di Damaskus

Selain itu lanjut Retno Marsudi, permintaan dukungan untuk Palestina merupakan mandat dari para pemimpin Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Dalam pembahasan terkait isu Palestina, Retno menyampaikan secara langsung agar pemerintah Finlandia mengakui negara Palestina.

"Pengakuan terhadap negara Palestina sangat penting artinya, sebagai satu langkah untuk mendukung terciptanya two-state solution," terang Retno Marsudi.

Retno Marsudi mengatakan, Finlandia memberikan komitmen terhadap solusi dua negara tersebut.

Kemudian Retno juga memberikan apresiasi atas dukungan Finlandia guna memberikan bantuan kemanusiaan ke United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA). 

"Finlandia sempat membekukan dukungan keuangan ke UNRWA namun sekarang sudah diberikan kembali," tutur Retno Marsudi.

"Kami berdua juga sepakat dorong implementasi Resolusi DK PBB 2735 mengenai usulan tiga fase genjatan senjata," pungkasnya.