JAKARTA, CEKLISSATU - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo diperiksa penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung), Senin 3 Juli 2023. 

Dito diperiksa terkait kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tahun 2020-2022.

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana menyampaikan, Dito Ariotedjo diperiksa terkait dengan pengembangan isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terdakwa Irwan Hermawan selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy.

"Beliau diperiksa jam 09.00 WIB tadi pagi. Tapi meminta pengunduran diri, pengunduran waktu karena memang ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga beliau hadir tepat waktu di jam 13.00 pada hari ini," kata Ketut di Kejagung, Jakarta Selatan. 

Ketut menyatakan, Dito diperiksa dengan kapasitasnya sebagai saksi dalam kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo ini.

"Terkait dengan pengembangan beberapa hasil berita acara pemeriksaan dari surat dakwaan dari beberapa saksi yang sudah dibacakan terkait dengan tersangka atau sekarang jadi terdakwa IH, yang nanti disidangkan tanggal 4 Juli besok disidangkan," jelas dia.

Ketut tidak merinci isi dari pemeriksaan yang kini tengah dijalani Menpora Dito Ariotedjo. Namun, dia memastikan akan ada keterangan yang disampaikan usai pengambilan keterangan di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung terkait kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo.

"Itu nanti bagian dari pemeriksaan (soal aliran dana), nanti kami akan doorstop setelah pemeriksaan itu seperti apa, hasilnya seperti apa. Nanti akan disampaikan lagi pada media," Ketut menandaskan.