BOGOR, CEKLISSATU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor resmi menetapkan sebanyak 762 bakal calon anggota legislatif DPRD Kota Bogor masuk ke Daftar Calon Tetap (DCT) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin diwakili Divisi Teknis Penyelenggara, Dede Juhendi mengatakan bahwa penetaan DCT berdasarkan hasil rapat pleno yang digelar KPU Kota Bogor serta dihadiri seluruh partai politik (parpol) selaku peserta di pemilu.

"Alhamdulillah penetapan DCT hasil dari rapat pleno KPU Kota Bogor bersama parpol berjalan dengan baik. Dalam rapat pleno KPU Kota Bogor menetapkan sebanyak 762 orang yang lolos Daftar Calon Tetap (DCT) untuk berkontestasi di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 tingkat DPRD Kota Bogor," ucapnya pada Jumat, 3 November 2023.

Baca Juga : Sebelum 28 November, Peserta Pemilu Dilarang Lakukan Kampanye

Menurut Dede, para caleg yang dinyatakan masuk DCT karena telah memenuhi syarat dan lolos dalam pencermatan-pencermatan yang dilakukan KPU Kota Bogor.

Tahap selanjutnya setelah penetapan DCT, sambung Dede, KPU Kota Bogor segera melakukan pengumuman DCT di media massa.

"Kemudian tanggal 5 dan 7 November 2023, kami akan membawa hasil penetapan DCT ke KPU RI untuk divalidasi sehingga tahap selanjutnya KPU RI akan menentukan desain dan melakukan pencetakan surat suara," jelasnya.

Kendati demikian, Dede mengimbau kepada para caleg untuk tetap mengikuti aturan KPU yang berlaku, misal belum diperbolehkan melakukan kampanye maupun memasang sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) dengan ajakan untuk memilih caleg tersebut.

"Jadwal kampanye itu di 28 November 2023 sampai 10 Febuari 2024 meliputi tahapan kampanye tertutup, kampanye tatap muka dan pemasangan APK, termasuk pada 21 Januari sampai 10 Februari 2024 itu tahapan kampanye terbuka, debat pasangan calon (paslon) presiden serta iklan di media massa mauun media sosial," katanya.