JAKARTA, CEKLISSATU - Arus balik mudik Lebaran 2024, Korlantas Polri berlakukan rekayasa  lalu lintas dengan skema contra flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Penerapan skema contra flow itu untuk mengurai  kepadatan arus kendaraan mudik yang puncaknya diprediks 13-15 April 2024. 

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, penerapan contra flow itu huga untuk menekan potensi kecelakaan lalu lintas seperti yang terjadi pada arus mudik di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek

Aan menambahkan, pihaknya juga akan menambah safety car atau kendaraan pengawalan, guna memantau batas kecepatan dan penambahan kendaraan bantuan seperti mobil derek, ambulan dan sebagainya.

“Penambahan armada safety car atau kendaraan pengawalan untuk memantau batas kecepatan di jalur contra flow," kata Aan kepada wartawan, Minggu 13 April 2024.

Baca Juga : Berlakukan Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek Saat Arus Balik Lebaran, Jasa Marga Minta Masyarakat Perhatikan Ini

Selain itu, tambah Aan, pihaknya juga melakukan peningkatan infrastruktur, seperti penambahan pembatas jalan seperti traffic cone dan barrier. 

"Memperketat pembatasan jalan dengan menambah kombinasi cone dan barrier pada sepanjang jalur," tambahnya. 

Selain itu juga,untuk meningkatkan visibilatas pengendara, Korlantas Polri mengaplikasikan lampu tambahan sebagai pembatas baik di jalur contraflow maupun reguler. 

Sebagai informasi, saat ini PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) telah melakukan rekayasa lalu lintas kendaraan arah Jakarta berupa contraflow 2 lajur mulai dari KM 70 s.d KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pukul 14.40 WIB sejak kemarin dan diperpanjang hingga malam ini.