JAKARTA, CEKLISSATUKorlantas Polri masih berlakukan rekayasa lalu lintas dengan skema contra flow di Jalur Tol Jakarta-Cikampek saat arus mudik Lebaran 2024.

Oleh karenanya, PT Jasa Marga (Persero) meminta kepada pemudik pengguna Tol Jakarta-Cikampek agar memperhatikan beberapa hal.

Dirut Toll Road Operator Jasa Marga, Yoga Tri Anggoro mengatakan, pemberlakuan contra flow tersebut sebgai bagian untuk menekan potensi kecelakaan di ruas tol.

Baca Juga : Sejumlah Ruas Tol Arah Jakarta Padat, Diberlakukan Contra Flow

“Ada beberap hal yang harus diperhatikan pemudik saat pemberlakuan contra flow, pertama pastikan saat mau masuk ke lajur contraflow badannya dalam kondisi fit. Karena pengguna jalan saat sudah masuk ke contraflow tidak akan bisa masuk atau menggunakan fasilitas rest area di tol," kata Yoga, Minggu 13 April 2024.

Dia menambahkan, para pemudik jangan memaksakan diri mesuk jalur contra flow jika kondisi badan tidak fit.

“Jika lelah, segera cari rest area paling dekat yang sudah disediakan," lanjutnya.

Kemudian, kendaraan juga diimbau untuk selalu mengaktifkan lampu utama meskipun di siang hari. Tujuannya, supaya pengguna jalan lain, khususnya yang berlawanan arah tetap awas.

“Jika pemudik mengalami gangguan saat masuk di jalur contra flow, agar menepikan kendaraannya di bahu jalan sebelah kiri, dan hubungi call center Jasa Marga “ jelas Yoga.

Call center Jasa Marga adalah 14080 yang selalu siap melayani 24 jam, dan siap mengerahkan petugas lapangan untuk mengamankan kendaraan terkait ke kondisi yang aman.

Pemudik tidak boleh mengambil keputusan sendiri yang pada akhirnya dapat mengganggu perjalanan pemudik lain dan membuat arus lalu lintas terhambat.

 "Saya pesan juga, jangan juga sekali-kali pengguna contraflow untuk memutar arah, putar balik maupun ganti lajur ke arah sebaliknya. Semoga perjalanan balik mudik kita lancar dan selamat sampai tujuan," tutup dia.