JAKARTA, CEKLISSATU - Pemkot Bandung terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lanjut usia atau lansia

Pemkot Bandung mendapat penghargaan pada peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional 2024 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024, Rabu 19 Juni 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin dan diterima langsung Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.

Baca Juga : Lazismu Kabupaten Bogor Santuni Ratusan Anak Yatim, Dhuafa, Lansia hingga Guru Honorer

"Penghargaan ini tentunya akan menambah motivasi bagi Pemkot Bandung untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, terutama Lansia," kata Bambang di Halaman Depan Gedung Sate Bandung, Rabu 19 Juni 2024.

Pemkot Bandung, kata Bambang, berkomitmen mensejahterakan sekitar 880 ribu lansia dengan berbagai program. 

Tiap kecamatan memiliki Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Sahabat Lansia yang siap melayani lansia.

Baca Juga : Wujudkan Kota Ramah Lansia, Pemkot Yogyakarta Jaring Aspirasi Melalui Musrenbang Tematik

“Kota Bandung juga telah mendeklarasikan diri sebagai Kota Ramah Lansia dan telah membuka delapan sekolah lansia yang menawarkan layanan kesehatan dan cara mengatasi masalah kesehatan di hari tua,” ujar Bambang. 

Saat ini, delapan Sekolah Lansia berada di Kecamatan Antapani, Sukajadi, Ujungberung, Cinambo, Lengkong, Bandung Wetan, Sumur Bandung, dan Kecamatan Astanaanyar.

"Kita selalu berkolaborasi dengan Lembaga Lansia Indonesia (LLI) melakukan rehabilitasi sosial, perlindungan dan jaminan sosial, serta pemberdayaan sosial," ujarnya.