JAKARTA, CEKLISSATU – Pemerinta Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berkomitmen mewujudkan kota ramah lansia.

Untuk itu, pemkot menjaring aspirasi lansia melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tematik lansia 2024.

Musrembang tematik itu diikuti 45 orang peserta yang terdiri dari Komisi Daerah Lanjut Usia Kota Yogya, Ketua Komisi Lansia Kemantren, Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia dan OPD terkait Penyelenggaraan Kesejahteraan Lansia.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang mengatakan, masukan dari para lansia tersebut harus diperhatikan, sekaligus menjadi usulan program yang disusun pada tahun ini.

"Program kegiatan yang disusun untuk lansia harus mempertimbangkan implementasi secara nyata, sesuai dengan kondisi yang ada," kata dia.

Baca Juga : Petugas Haji Diminta Ramah Lansia, 40 Ribu Lebih Jemaah Indonesia Berusia Lanjut

Maryustion mengungkapkan, berdasarkan data, persentase penduduk lansia di Kota Yogyakarta dari 2021 hingga 2022 terus meningkat.

"Sedangkan data dari Dindukcapil Kota Yogyakarta, jumlah lansia per Desember 2023 sebanyak 62.258 jiwa dari total penduduk per Desember 2023 yang mencapai 414.705 jiwa atau sekitar 15,01 persen" bebernya.

Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa para lansia merupakan asset dan sumber daya penting.

“Aspirasi dari mereka nantinya akan menjadi bahan pertimbangan perencanaan pembangunan Kota Yogyakarta, khususnya penyelenggaraan kesejahteraan lansia depannya,” ujarnya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo mengatakan, program pembangunan lansia harus memprioritaskan bagaimana memperkuat daya kesehatan, meningkatkan aktivitas, dan produktivitas, meskipun dalam proporsi yang tidak terlalu besar.

Sehingga, lanjutnya, tidak perlu rumit, tapi secara teknis dapat diterapkan dan dirasakan secara langsung bagi lansia di Kota Yogyakarta.

Dengan adanya musrenbang itu, kata Singgih, dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta aktif lansia, baik dalam proses perencanaan, pelaksanaan serta pemantauan terkait kelanjutusiaan, sekaligus langkah strategis dalam mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai Kota Ramah Lansia.

"Untuk mewujudkan lansia yang sehat, aktif dalam bidang sosial dan juga ekonomi serta sejahtera dan bahagia perlu adanya dukungan yang mencakup lingkungan fisik, lingkungan infrastuktur, lingkungan sosial, lingkungan ekonomi, dan lingkungan hidup," tutup dia.