JAKARTA, CEKLISSATU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, terbang ke Natuna di Kepulauan Riau hari ini, Selasa 7 Maret 2023, untuk melihat situasi dan membawa bantuan logistik.


Dalam siaran persnya, Kepala BNPB terbang dari pangkalan udara TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat Hercules C-130 dan dijadwalkan tiba di Lanud Sadjad Ranai, Natuna sore hari. 


Rencananya Kepala BNPB akan memimpin rapat penanganan darurat bencana tanah longsor bersama seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Natuna.


Turut serta bersama dengan rombongan meliputi Deputi Bidang Penanganan Darurat, Mayjen TNI Fajar Setyawan, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) Abdul Muhari, tenaga ahli BNPB dan staf khusus.


Selain rombongan di dalam pesawat juga  membawa beberapa logistik dan peralatan, antara lain tenda pengungsi 4 buah, tenda keluarga 100 buah, selimut 500 kasman, matras 500 kasman, genset listrik ukuran 2 kva 15 unit, paket makanan 1.500, paket rendang 1.500, velbed 200 unit dan lampu garam 100 buah.


Bencana tanah longsor yang terjadi pada Senin 6 Maret mengakibatkan 10 korban jiwa, 42 orang dinyatakan hilang dan 5 luka berat dan 3 luka ringan.