BOGOR, CEKLISSATU- Kawanan monyet liar kerap menyerang ke SMAN 1 Ciampea, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Monyet  liar tersebut berasal dari Gunung Kapur, yang berada tepat di belakang SMAN 1 Ciampea.


Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Ciampea, Ahmad Idrus mengatakan, hal tersebut sudah terjadi dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang.


Namun, belakangan ini jumlah monyet yang datang semakin bertambah jumlahnya, bisa mencapai 50 ekor.

Baca Juga : Pemkot Bandung Serahkan 4.464 KIA Kepada Peserta Didik


"Saya dari masih PNS 2010 udah ada, dulu tidak sebanyak sekarang ya, sekarang lebih banyak lagi, apalagi kalau sudah turun ada yang kasih makan itu lebih banyak lagi," katanya kepada wartawan, Selas 13 Juni 2023.


Ia menduga, monyet-monyet tersebut kekurangan bahan makanan di atas Gunung Kapur. Sehingga monyet liar tersebut terpaksa turun gunung untuk mencari makanana.


"Menurut saya sumber makanan mereka di kaki Gunung Kapur ini sudah jauh berkurang, itu yang menyebabkan mereka turun ke sekolah," katanya.


Meski begitu, ia mengatakan sejauh ini turunnya monyet-monyet tersebut tidak menggangu proses belajar mengajar.


Hewan-hewan liar itu pun tidak sampai melukai siswa maupun guru yang ada di SMAN 1 Ciampea.


"Selama saya di sini, tidak menyerang siswa, tapi pernah ada kejadian siswa mungkin membawa makanan, mungkin lapar dia (monyet) lihat terus ingin diraih tapi tidak sampai dicakar cuma dikejar kejar aja,"ungkapnya.