BOGOR, CEKLISSATU – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, para penjual hewan kurban mulai menyiapkan lapak, serta tetap mengutamakan kualitas dan kesehatan hewan kurban yang akan dijual. 

Pemilik lapak penjualan hewan kurban Basmallah Ade, Syahrul (35) yang mengaku bahwa di lapaknya telah menyiapkan banyak sapi dengan jenis 99 persen ras Bali.

“Jenisnya ini bisa dibilang 99 persen sapi Bima dengan ras Bali. Karena sapi yang paling diminati oleh konsumen itu sapi dari Bima dengan ras Bali,” ungkap Syahrul kepada ceklissatu.com, Jumat (10/5/2024).

Baca Juga : Jualan Sejak 2004, Lapak di Kawasan Cibinong Ini Jadi Andalan Pencari Hewan Kurban

Syahrul beralasan, sapi Bima dengan ras Bali mempunyai daging yang lebih padat dibandingkan dengan jenis sapi lainnya. 

“Sapi Bima ras Bali ini makannya alami, dan dagingnya lebih padat, lebih empuk, tulangnya kecil dan kulitnya tipis. Jadi lebih banyak dagingnya, beda dengan jenis daging sapi yang lainnya,” jelas Syahrul. 

Syahrul menjelaskan lebih lanjut bahwa sapi yang dikelolanyanya selalu mendapatkan perawatan yang rutin, dimulai dari karantina hingga pemeriksaan kesehatan oleh ahlinya. 

“Tetep kesehatannya diperiksa oleh dokternya, dari sana nya sebelum dikirim itu sudah dikarantina dulu, udah diambil pengambilan sampel darah, udah dicek semua kesehatannya. Sudah sampai disini juga tetap ada pengecekan kesehatan sapi secara rutin,” terangnya.

Untuk penjualan hewan kurban tahun ini, Syahrul mengungkapkan bahwa harga yang ditetapkan mulai dari Rp14 juta hingga Rp35 juta dengan usia sapi 2 tahun hingga 7 tahun. 

“Kalau di sini harga mulai dari Rp14 juta sampai Rp35 juta dengan usia ini paling kecil 2 tahun, sampe 7 tahun,” tutur Syahrul. 

Syahrul menerangkan bahwa ternaknya sudah banyak dipesan oleh para pembeli dari jauh-jauh hari sebelum mendekati Idul Adha

“Untuk penjualan itu kita sudah dari jauh-jauh hari, penjualan di kami ada sistemnya yaitu menggunakan DP. Jadi setelah H-3 atau H-2 kita baru melakukan pengiriman dengan tetap melakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu,” pungkasnya. (Ikrilah Khoerunisa)