BOGOR, CEKLISSATU – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah lapak penjualan hewan kurban milik pak Rum yang ada di kawasan Cibinong selalu dicari para pembeli.

Lapak tersebut diketahui selalu jadi pilihan terpercaya, karena kesehatan hewan yang terjamin dan telah berdiri selama 20 tahun.

Sang pemilik lapak penjualan hewan kurban, Rum Awahab (61) membuka usaha di Jalan Masjid Albaaliya RT05/11 No.15 Pabuaran, Cibinong dibuka sejak 2004.

Lapak ini sudah lama banget adanya mulai dari tahun 2004, sebelum yang lain ada, saya sudah duluan mulai di sini,” ucap Rum kepada ceklissatu.com.

Baca Juga : Idul Adha, Indocement Salurkan Ratusan Hewan Kurban untuk Masyarakat di Desa Mitra

Usaha yang dijalankan Rum merupakan usaha musiman di setiap tahun, tepatnya pada setiap momentum Idul Adha. 

Selama bertahun-tahun, Lapak Kandang Sapi Pak Rum telah menjadi andalan bagi masyarakat sekitar yang mencari hewan qurban berkualitas dan terpercaya. 

Dengan pengalaman yang dimiliki sejak tahun 2004, Lapak Kandang Sapi Pak Rum telah membangun reputasi yang kuat sebagai tempat yang dapat diandalkan untuk mendapatkan hewan qurban yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan.

“Usaha ini musiman, karena di setiap tahunnya hanya ada saat momentum Iduladha, kalau bisa sih setahun dua kali, tapi kan Iduladha hanya sekali dalam setahun hahaha,” ucapnya.

Sapi-sapi yang dijual merupakan sapi ras yang berasal dari Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Sebelum dipasarkan, sapi dilakukan tes kesehatan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di NTB yang nantinya akan mendapatkan barcode untuk setiap sapi.

“Sapi yang ada di sini sapi jenis bima yang didatangkan dari Bali dan NTB, sebelum dipasarkan, setiap sapinya di cek satu-persatu,” ungkapnya. 

“Nantinya akan dapat barcode hasil cek kesehatan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima NTB, jadi aman untuk kesehatannya karena di setiap sapinya juga udah dikasih barcode hasil cek kesehatan,” terangnya.

Pada lapak usaha milik Pak Rum terdapat berbagai bobot sapi yang dipasarkan dengan rentang harga mulai dari Rp15 juta hingga Rp40 juta.

“Harga sapi di sini mulai dari Rp15 juta – Rp40 juta, dari ukuran 200 Kg sampai 700 Kg dan yang paling dicari itu di ukuran 300-350 Kg dengan kisaran harga Rp20 juta - Rp25 juta,” ucapnya. (Tubagus Reza Oktavian)