BOGOR, CEKLISSATU - Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan bahwa guru menjadi salah satu formasi yang diprioritaskan dalam pengangkatan PPPK.Karenanya, kata dia, formasi PPPK untuk guru mendominasi jatah yang didapatkan Pemkab Bogor yakni sebanyak 2.909 formasi.

“Tentunya yang diprioritaskan guru dulu. Mereka akan melewati passing grade, terutama honorer Kategori 2 (K2), itu yang diprioritaskan,” kata Iwan kepada wartawan, Senin 25 September 2023.

Dia menjelaskan, Kabupaten Bogor membutuhkan banyak tenaga guru, namun perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibatasi oleh pemerintah pusat. Sehingga, opsi PPPK diambil untuk memperbaiki kesejahteraan guru.

Baca Juga : 1.233 Formasi PPPK Tersedia di Kemenhub, Perhatikan Syarat-Syarat Berikut

Hingga kini, guru berstatus PPPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor sebanyak 5.420 orang.

"Sat ini guru menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk diangkat menjadi PPPK, selain tenaga kesehatan," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Formasi guru menjadi jumlah paling banyak dalam jatah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Dari total  4.327, formasi guru sebanyak 2.909 sementara yang lainnya untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

"Formasi tenaga fungsional guru mendapat slot paling banyak yakni 2.909 formasi, disusul tenaga fungsional kesehatan 1.391 dan tenaga teknis lainnya 27 formasi,"hjar Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Benny Delyuzar.