BOGOR, CEKLISSATU - Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor telah menyiapkan sebanyak 772 kios sebagai Tempat Penampungan Sementara (TPS) bagi para pedagang yang akan direlokasi imbas rencana pembongkaran Plaza Bogor.

Ratusan kios tersebut berada di pasar Bogor meliputi lantai 1 sebanyak 272 kios dan lantai 2 sebanyak 540 kios.

"Sudah siap diisi untuk pedagang yang memang ingin direlokasi ke pasar Bogor. Dari keseluruhan 420 pedagang, sekarang tinggal 70an yang belum pindah ke tempat relokasi baik di pasar Bogor maupun pasar anyar Blok A, B dan F," ucap Dirops Perumda PPJ Kota Bogor, Denny A. Wibowo kepada Ceklissatu.com pada Jumat, 9 Juni 2023.

Baca Juga : Polres Cianjur Gerebek Rumah Penampungan PMI Ilegal Amakan Satu Pelaku Selamatkan 10 Korban

Disinggung soal pasar Bogor dinilai kurang layak oleh Komisi II DPRD Kota Bogor, Denny mengaku pihaknya akan semaksimal mungkin berupaya untuk kelayakan TPS yang ada di pasar Bogor agar pedagang nyaman berjualan di TPS.

"Adapun pengosongan Plaza Bogor ditargetkan pada 11 Juni 2023, sedangkan pembongkarannya menunggu proses tahapan-tahapan lebih lanjut," katanya.

Sebelumnya, Komisi II DPRD Kota Bogor menggelar rapat kerja bersama Perumda PPJ dan perwakilan pedagang, belum lama ini. Hasilnya, pedagang Plaza Bogor rencananya bakal dipindahkan ke pasar Bogor lantaran keinginan pedagang dapat dipindahkan tidak jauh dari tempat sebelumnya.

"Kalau mau dipindah ke pasar Bogor, harus dirapihkan dulu pasar Bogor-nya. Memang harapan pedagang ingin dipindahkan tidak jauh dari Plaza Bogor, kalau ke Blok F dan B itu cukup jauh," ucap Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor, Anita Primasari Mongan didampingi Wakil Ketua Komisi II, Jatirin beserta anggota Komisi II, Muaz HD, Ujang Sugandi, R. Oyok Sukardi, Mahpudi Ismail dan Rizal Utami.

Menurut Anita, kondisi pasar Bogor saat ini jauh dari kata layak sehingga menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Perumda PPJ untuk merapihkan terlebih dahulu supaya para pedagang bisa berjualan dengan nyaman dan pembeli bisa berbelanja dengan aman.