JAKARTA, CEKLISSATU – Menyambut HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menerima duplikat bendera pusaka dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), di Balai Samudera, Jakarta, Senin (6/8/2024).

Penyerahan duplikat bendera dihadiri bupati dan walikota seluruh Indonesia. 

Diketahui, penyerahan duplikat bendera pusaka ini digelar tiga hari, 5 hingga 7 Agustus 2024, dibuka langsung oleh Sekretaris Utama BPIP, Tonny Agung Arifianto.

Baca Juga : Persiapan Upacara HUT Ke-79 RI, BPIP Serahkan Duplikat Bendera Pusaka kepada 38 Kepala Daerah

Tonny Agung Arifianto meminta pada bupati dan walikota agar menjaga duplikat bendera pusaka tersebut.

Duplikat Bendera Pusaka 2.webp
TERIMA BENDERA: Menyambut HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menerima duplikat bendera pusaka dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), di Balai Samudera, Jakarta. FOTO: DISKOMINFO

Bendera ini adalah lambang negara, bendera ini adalah dan jati diri bangsa terus kita jaga betul demi itu keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Duplikat Bendera Pusaka ini sudah lebih dari 55 tahun dikibarkan saat Upacara Kemerdekaan baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota,” ungkapnya. 

Duplikat Bendera Pusaka ini digunakan semenjak Bendera Pusaka yang asli tidak layak dikibarkan,” tambah Tonny.

Baca Juga : Semarakkan HUT RI ke-79, Diskominfo Kabupaten Bogor Bagikan Bendera Merah Putihdi Cisarua

Tonny menjelaskan, jika sebelum jangka waktu 10 tahun bendera pusaka rusak atau tidak layak dikibarkan pemerintah pusat pemerintah daerah perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dan atau lembaga lainnya dapat mengajukan permohonan penggantian memberikan bendera pusaka secara tertulis kepada BPIP.

“Pada kegiatan hari ini, Bendera Pusaka duplikat tersebut diserahkan kepada 205 Kabupaten dan Kota se-Indonesia,” pungkasnya.

Dalam giat tersebut, hadir pula Kepala BPIP, Yudian Wahyudi. Penyerahan duplikat bendera pusaka ini merupakan mandat dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.