JAKARTA,CEKLISSATU - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melaporkan total 42 kasus cacar monyet atau monkeypox di DKI Jakarta sejak pertama kali ditemukan pada Agustus 2022.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, mengatakan satu pasien yag ditemukan 2022 telah sembuh.

"Kasus positif hanya tahun 2023 adalah 41 orang, positivity rate PCR 24 persen," kata Ngabila dalam keterangannya, Rabu, 22 November 2023.

Ngabila menjelaskan semua kasus cacar monyet di Jakarta merupakan laki-laki berusia 25-50 tahun. Dengan gejala ringan dan terinfeksi melalui kontak seksual.

Baca Juga : Duh, Warga Parungpanjang Dikabarkan Terpapar Cacar Monyet 

Sebanyak 24 pasien telah dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi di rumah sakit.

Ia mengatakan sejauh ini dua orang diduga mengalami gejala cacar monyet, sementara 132 orang lainnya yang masuk daftar suspek dinyatakan negatif usai menjalani pemeriksaan PCR. 

Sebanyak 495 orang telah menerima dosis pertama vaksin cacar monyet, sementara baru 13 orang yang telah menerima dosis kedua.

"Peserta vaksin adalah kelompok populasi berisiko yaitu kontak erat kasus positif monkey pox dan populasi kunci tertentu yang berisiko," ujarnya.