CIANJUR, CEKLISSATU -  Kebakaran lahan terjadi di sejumlah titik terjadi di dua kecamatan yakni Kecamatan Ciranjang dan Kecamatan Cilaku pada Jumat, 29 September 2023. Kebakaran tersebut, diduga warga membakar sampah hingga menyebabkan api menjalar ke lahan lainnya seluas lebih dari satu hektar.


Dari pantauan dilokasi, api menjalar di lahan bambu persis berada di samping jembatan Cisokan di Jalan Raya Cianjur-Bandung , Kecamatan Ciranjang. Sejumlah pengendara dari arah Cianjur menuju Bandung  dan arah sebaliknya sempat  tertutup asap. Namun petugas pemadam kebakaran dengan cepat memadamkan api.


Maman Abdurahman Komandan Regu Damkar Ciranjang mengatakan, ada tiga titik  kebarakan lahan. Pihaknya menurunkan dua unit mobil Pemadam kebakaran untuk memadamkan api , petugas sempat kesulitan memadamkan api karena api terus menjalar ke lahan lainnya.

Baca Juga : Pemkab Bogor Kaji Lahan Terminal Sebagai Lokasi Sementara Para Pedagang Pasar Leuwiliang 


“Ada tiga titik ya kebakaran lahan. Kalau yang ini titik ke tiga lahan bamboo seluas satu hektar. Kalau dugaan sih warga ya bakar sampah,” ujarnya.


Masih kata Maman, api dapat di padamkan dua jam setelah menurunkan dua unit mobil Damkar. Maman juga memastikan api benar-benar padam dengan dilakukan pendinginan.


“Hampir dua jam ya api berhasil kita padamka, dan dipastikan api sudah padam karena kita lakukan pendinginan,” ungkapnya.


Sementara itu selain lahan bamboo, kebakaran lahan juga terjadi di Kampung Cirahashas, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, namun api bisa dipadamkan tim Damkar Cianjur Kota.