JAKARTA, CEKLISSATU - Mencegah kepadatan pemudikdi rest area pada lebaran 2023 mendatang, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) bakal menambah Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area jalan tol di Pulau Jawa. 

Hal itu dikatakan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja (Raker) antara Kemenhub hingga Kementerian PUPR bersama Komisi V DPR RI terkait Evaluasi Pelaksanaan Angkutan Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pada Rabu 15 Februari 2023.

"Kemarin kami telah rapat dengan Menteri PUPR untuk menambah rest area. Rest area arah ke (Pelabuhan) Merak dan juga ke arah timur," ujar Budi seperti dikutip dari kanal Youtube Komisi V DPR RI, Rabu 15 Februari 2023.

Baca Juga : Bharada E Divonis Ringan, Mahfud Md Langsung Tepuk Tangan

Kemenhub, Kementerian PUPR, bersama Korlantas Polri telah menyusuri sejumlah ruas jalan tol di Jawa. 

Penambahan rest area menjadi salah satu fokus jelang momen Lebaran 2023. Terutama yang menuju arah Merak dana rah timur, untuk mencegah adanya penumpukan kendaraan di bahu jalan karena kesulitan (masuk) di rest area

"Rest area ini juga satu pantauan, jadi secara khusus Korlantas, Dirjen Darat (Kemenhub), PU (Kementerian PUPR), sudah jalan," tutup Budi.

Sejauh ini, jumlah rest area jalan tol di Pulau Jawa sebanyak 93 TIP. Terdiri dari 58 TIP A, 29 TIP B, dan 6 TIP C.