JAKARTA, CEKLISSATU - Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Jakarta Grogol melakukan sosialisasi manfaat layanan tambahan perumahan melalui kerja sama dengan Agung Podomoro Land Tenjo dan BTN di Senayan City Mall pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Grogol Rommi Irawan Makagiansar menyampaikan bahwa kerja sama ini untuk mendapatkan informasi dan program terkait manfaat layanan tambahan tentang perumahan.

Adapun program manfaat layanan tambahan(MLT) tersebut yaitu Kredit Kepemilikan Rumah(KPR) yang kedua ada Pinjaman Uang Muka Perumahan(PUMP) selanjutnya ada Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) serta Kredit Konstruksi(KK/KPPP)

"Seluruh pekerja di sektor formal dan informal harus terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu tenaga kerja bisa memanfaatkan program layanan tambahan perumahan untuk memiliki atau merenovasi rumah," katanya. 

Kepala Cabang Rommi juga menjelaskan bahwa pekerja penerima upah (PU) adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima gaji, upah, atau imbalan dalam bentuk lain dari pemberi kerja. Saat ini, Pekerja bisa mendapatkan fasilitas tambahan yakni Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja (FPPP).

Selain itu syarat untuk pengajuan KPR, PUMP, serta PRP adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 1 tahun program JHT, tertib dalam administrasi dan iuran, belum memiliki rumah untuk KPR dan PUMP, memiliki rumah yang akan direnovasi untuk PRP, serta memenuhi syarat dan ketentuan Bank/ OJK.

"Melalui program FPPP, pekerja bisa mendapatkan rumah maupun kredit konstruksi dengan ketentuan maksimal 80 persen dari nilai konstruksi tidak termasuk harga tanah. Bunga BI RR 7 hari plus maksimal 6 persen. Maksimal 5 tahun dan hanya untuk rumah susun atau rumah tapak," kata Kacab Rommi. 

Kacab Rommi menambahkan bahwa untuk pendaftaran dan persyaratan sangat mudah, Pekerja hanya tinggal datang ke Kantor Bank Cabang Penyalur dan ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Grogol.