BOGOR, CEKLISSATU Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebut pengamanan jalur di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor akan dijaga secara ekstra hingga H+10 lebaran. Hal itu dilakukan karena adanya potensi peningkatan wisatawan di wilayah tersebut.

"Kunjungan kendaraan pasti membludak, sehingga harus dijaga dengan ekstra," kata Iwan, Minggu 23 April 2023.

Lebih lanjut Iwan mengungkapkan, 
berdasarkan data kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Ciawi dari arah Jakarta, tercatat ada sekitar 30 ribu kendaraan melintas di kawasan tersebut.

Baca Juga : Puluhan Ribu Kendaraan Padati Puncak Bogor di H+1 Lebaran

"30 kendaraan yang melintas itu sudah terjadi sejak H-7 lebaran," ungkapnya.

Menurutnya, sebagai antisipasi kepadatan kendaraan saat liburan lebaran dirinya bersinergi dengan Polres Bogor untuk melakukan rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan pihak kepolisian. Salah satunya pemanfaatan pemakaian aturan gage dan rekayasa one way.

Bila kendaraan overload di wilayah puncak, kata dia, bisa memanfaatkan jalur alternatif. Iwan juga mengaku sudah memerintahkan kepada Dishub dan PUPR untuk melakukan pemeliharaan jalan alternatif itu. 

"Alhamdulillah sudah sebagian bisa digunakan dengan nyaman, mulai jalur selatan, Pasir Muncang sampai Taman Safari dan juga dari sebelah kiri dari Sumarecon sampai ke Megamendung bisa di lewati, itu jalur alternatif yang bisa pake untuk para wisatawan atau masyarakat yang ingin mengunjungi Puncak," bebernya.