BOGOR, CEKLISSATU - Lima angkot tenaga listrik telah tiba di Kota Bogor dan akan segera beroperasi setelah Pemerintah Kota menandatangani kerjasama dengan PT Kalista Nusa Armada sebagai penyedia angkot.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Marse Hendra Saputra mengatakan bahwa pihaknya sedang mengkaji konsep ujicoba angkot ini, termasuk perencanaan rute, trayek, dan pengisian baterai.

"Kita akan mematangkan rencana rute, trayek, dan pengisian baterai untuk angkot listrik. Dalam sebulan, kami akan menentukan trayek yang akan digunakan serta titik pengisian baterai, dan berkoordinasi dengan PLN," ucapnya, belum lama ini.

Baca Juga : Protes Kebijakan Kampus Bayar UKT Pakai Pinjol, Mahasiswa ITB Demo Rektorat

Setelah perencanaan selesai, lanjut Marse, rencananya ujicoba lima unit angkot listrik akan dilakukan selama enam bulan dengan evaluasi setiap tiga bulan.

"Jika ujicoba berhasil, angkot listrik dapat menjadi opsi konversi angkot 2:1, diharapkan diterima oleh para pengusaha angkot," ungkapnya.

Sementara itu, kehadiran angkot listrik di Kota Bogor merupakan bagian dari upaya Pemkot untuk mengurangi emisi karbon, sejalan dengan Perda transportasi yang mencakup penggunaan kendaraan berenergi alternatif.

Angkot listrik yang lebih besar dan menyerupai minibus jenis AVP ini, dilengkapi dengan fasilitas modern di dalamnya, termasuk alat kedaruratan seperti pemecah kaca. Desain khusus dengan motif Rubo alias RusaBogor memberikan sentuhan hijau muda pada kendaraan ini.