PUNCAK, CEKLISSATU - Tujuh warga sipil menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Agenggen, Distrik Meagabume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada Jumat 03 Maret 2023.

Dari tujuh korban, satu di antaranya seorang perempuan bernama Terina Murib (25) meninggal dunia. 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan enam korban penembakan lainnya masih dirawat di Puskesmas Sinak. Keenam korban adalah Lerice Telenggen, Rasna Kogoya, Desina Along, Etera Kulua, Anison Tabuni dan Iwan Murib. 

“Dari korban ini ada anak-anak. Para korban sedang menjalani visum,” jelas Benny dalam keterangannya, Sabtu 04 Maret 2023. 

Baca Juga : Ditembak Separatis, Prajurit TNI Gugur Saat Evakuasi Warga ke Puskesmas di Papua

Selain menembak warga sipil, KKB juga menembak seorang prajurit TNI yang sedang mengevakuasi korban. Prajurit bernama Praka Jumardi meninggal dunia, nyawanya tak tertolong saat berada di puskesmas. 

“Total korban meninggal dunia akibat kejadian ini 2 orang, yakni seorang warga sipil dan seorang prajurit TNI,” jelas Benny.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia menambahkan polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kontak tembak. Pihaknya juga telah meminta hasil visum dari para korban penembakan.

“Personel di lapangan juga telah melakukan pendekatan kepada tokoh-tokoh yang ada di Kampung Abumega, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak," kata dia. 

Selain itu, aparat gabungan TNI-Polri masih terus melakukan pengejaran terhadap kelompok KKB.