JAKARTA, CEKLISSATU - Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua kembali menyerang dan menembak aparat TNI di wilayah Kabupaten Puncak, Papua Pegunungan, Jumat, 3 Maret 2023. Dalam kontak tembak itu satu orang Prajurit Satgas Yonif Raider 303/SSM gugur saat mengevakuasi warga sipil ke puskesmas. 

"Benar gerombolan KST telah menyerang dan menembak Personel Pos Sinak Satgas Yonif Raider 303/SSM," kata kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman. 

Penyerangan terjadi di kampung Pamebu, Distrik Yumuak. Akibat penyerangan tersebut, prajurit TNI dari Satgas Yonif Raider 303/SSM Praka JM meninggal dunia akibat tertembak pada bagian perut. 

"Sampai dengan saat ini pukul 15.15 WIT, gerombolan KST melakukan penembakan kepada aparat TNI sehingga terjadi kontak tembak," ujarnya.

Peristiwa bermula saat gerombolan KST menembak warga sipil bernama TM (perempuan OAP) di Kampung Pamebut Distrik Yugumuak Puncak. Kemudian aparat TNI mengevakuasi korban ke puskesmas Sinak. Namun dalam perjalanan tim evakuasi diadang dan ditembak oleh KST dan mengakibatkan Praka JM tertembak di bagian perut. 

Herman menjelaskan, Praka JM berhasil dievakuasi ke Puskesmas Sinak, namun dinyatakan meninggal dunia saat dilakukan penanganan oleh tim medis. Demikian pula warga sipil berinisial TM yang ditembak KST dinyatakan meninggal dunia. (Viva)