BOGOR, CEKLISSATU - Jalan Raya Parung Panjang, Kabupaten Bogor termasuk salah satu kawasan zona merah kecelakaan lalu lintas. Tercatat, ada 17 kecelakaan terjadi selama tahun 2023. 

"17 kasus (kecelakaan di Parung Panjang)," kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Bogor Ipda Angga Nugraha kepada wartawan, Rabu (20/12/2023).

Dari jumlah tersebut, terdapat 12 korban  meninggal dunia, 4 luka berat dan 4 luka ringan. Mayoritas, kecelakaan yang terjadi melibatkan kendaraan besar.

"Penyebabnya kendaraan besar. Cuma kan tetep kehati-hatian pengendara dari kendaraan roda dua juga bisa berpengaruh," terangnya.

Baca Juga : Sempat Kabur, Sopir Truk yang Timla Motor di Parungpanjang Menyerahkan Diri

Adapun kecelakaan yang paling banyak menelan korban dalam satu kejadian yakni pada Minggu 17 Desember 2023. Dalam kecelakaan itu, dua orang ibu dan anaknya meninggal dunia tertimpa truk tronton.

"Kalau jam operasional itu, sebenernya itu melanggar. Kan aturannya pukul 22.00 WIB sampai jam 05.00 WIB. Kalau itu mah sanksinya dari Perbup, kalau kita lebih ke penyidikan kelalaiannya," tandasnya.

Sebelumnya, truk tronton menimpa motor di Jalan Raya Sudamanik, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor pada Minggu 17 Desember 2023.

Dalam kejadian ini, pengendara motor perempuan berinisial IN dan anaknya meninggal dunia di lokasi kejadian. Adapun penyebab kecelakaan karena truk yang melaju kencang menghindari kendaraan lain sehingga banting setir dan terguling.