JAKARTA, CEKLISSATU - Launching pekerja rentan 100 Tenaga Kerja per RW di daerah kota administrasi Jakarta Timur. Launching  dilaksanakan Penyerahan simbolis kartu kepesertaan bagi pekerja rentan RW 009 Kelurahan Penggilingan Kecamatan Cakung.

Ditemui usai menghadiri Launching Program Perlindungan Pekerja Rentan di Gedung Walikota Jakarta Timur, Dewi Mulya Sari selaku Kepala Kantor Cabang Jakarta Pulo Gebang mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi Bapak Walikota Jakarta Timur yang telah melakukan pencanangan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk seluruh RW di wilayah Jakarta Timur. Dewi juga berharap, program ini bisa mencakup seluruh pekerja lainnya yang juga memiliki risiko kecelakaan kerja.

Dewi mengutarakan, pelaksanaan program perlindungan Jamsostek bagi pekerja rentan tidak terlepas dari regulasi yang jelas, anggaran serta sosialisasi. Disamping itu, modal kepercayaan sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Dewi menyampaikan, ini merupakan program yang sangat mulia. Nilai manfaat yang diterima dari program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat mencegah masyarakat pekerja dan keluarganya jatuh menjadi keluarga miskin baru atau bahkan miskin ekstrem ketika mereka mengalami risiko sosial seperti kecelakaan kerja dan  meninggal dunia.

Dengan membayar iuran BPU sebesar Rp 16800/bulan sudah terlindungi dengan 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Manfaat jaminan kecelakaan kerja antara lain: Perlindungan atas risiko kecelakaan kerja mulai dari perjalanan pergi, pulang, dan di tempat bekerja, serta perjalanan dinas dan Manfaat jaminan kematian antara lain: manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris pekerja yang meninggal dunia.