JAKARTA,CEKLISSATU - Tiga orang di atas katamaran atau kapal karet berhasil dievakuasi di Laut karang di lepas pantai timur Australia setelah kapal tersebut rusak akibat beberapa serangan hiu, kata Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) pada Kamis 7 September 2023.

Foto dan video di situs web AMSA menunjukkan bagian besar buritan kapal hancur.

"Kapal tersebut berangkat dari Vanuatu dan menuju Cairns (Australia) ketika kontak terjalin. Kedua lambung kapal telah rusak akibat beberapa serangan hiu," kata AMSA dalam sebuah pernyataan.

Kru penyelamat merespons panggilan posisi darurat yang terdaftar atas kapal Tion, sebuah kapal karet berukuran sembilan meter yang sedang dalam ekspedisi keliling dunia, pada Rabu pagi.

Kapal tersebut berada sekitar 835 km (519 mil) tenggara Cairns di Laut Coral.

AMSA meminta bantuan dari kapal pengangkut kendaraan berbendera Panama, yang berhasil melakukan penyelamatan.

Ketiga penumpang yang merupakan dua warga Rusia dan satu warga Prancis - dijadwalkan tiba di Brisbane pada Kamis, kata AMSA.

Ketiga pria yang berada di atas kapal tidak mengalami luka-luka, kata Anna Kosikhina, juru bicara perjalanan tersebut.

"Mereka semua selamat. Tidak ada yang terluka," katanya.

"Satu-satunya hal adalah balon katamaran karet yang terbang."

Anna mengatakan, ekspedisi itu bertujuan mempromosikan Rusia dan Siberia yang dimulai dua tahun lalu.

Kecelakaan itu bukanlah yang pertama dalam ekspedisi tersebut, kata Anna, di mana perangkat kemudi kapal sebelumnya rusak dalam pelayaran dari Chile ke Pulau Paskah.

Awak kapal melanjutkan ekspedisi dengan katamaran karet dari produsen yang sama yang telah disimpan di pulau tersebut selama beberapa tahun.