BOGOR, CEKLISSATU - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor segel restoran Mie Gacoan yang berlokasi di Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Kamis 24 November 2022

Penyegelan sendiri dilakukan lantaran belum mengantongi perizinan secara resmi dari pemerintah, mulai dari izin Keterangan Rencana Kota (KRK) hingga Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

"Jadi ada tiga cabang Mie Gacoan di Kota Bogor ini, yang dua (di Bogor Utara dan Timur) sudah mempunyai izin KRK (Keterangan Rencana Kota), kalau yang ini (di Bogor Barat) belum," Ujar Kasat Pol PP Kota Bogor, Agustiansyach

Ia menyebut, dua Restoran Mie Gacoan lainnya yang berada di Kecamatan Bogor Utara dan Timur, Kota Bogor bahkan terancam disegel. 

Ini bisa terjadi karena kedua Restoran Mie Gacoan itu belum memiliki izin sampai saat ini. 

Meski begitu, izin KRK ini pun bukan sebagai bukti bahwa perizinan mereka sudah lengkap. Melainkan, hanya sebatas penjelasan bahwa lokasi ini bisa dibangun usaha seperti apa. 

Untuk itu, pihaknya akan melihat perkembangannya seperti apa untuk Restoran Mie Gacoan yang ada di Kecamatan Bogor Utara dan Timur. 

Baca Juga : Tolak Usulan UMP, Buruh Ancam Demo Hingga Akhir Tahun

"Kita akan lihat perkembangannya, kita sudah berikan SP3 pada dua lokasi tersebut," ucap Demak. 

"Kalau memang sampai nanti hari h nya mereka belum dapat menunjukan bukti perizinan, kita akan segel juga," sambungnya. 

Soal apakah sanksi yang diberikan hanya sebatas penyegelan, Demak menuturkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan tetap mengenai sanski kepada dua Restoran Mie Gacoan ini, karena mereka membangun tempat usaha tanpa memenuhi perizinan terlebih dahulu. 

"Untuk tempat usaha yang sudah beroperasi tapi belum memiliki izin maka ada sanksi denda, nanti dari dinas teknis yang akan menghitung, maksimal 10 persen dari nilai bangunan," ujarnya.