JAKARTA, CEKLISSATU – Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengajak Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep untuk berkoalisi.

Hal tersebut agar PSI dapat mendukung pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Anies Baswedan dan Sohibul Iman.

"Kami juga mengajak rekan-rekan dari PSI untuk mendukung pasangan yang diusung oleh PKS yaitu Anies-Sohibul Iman di Pilkada Jakarta," tulis Syaikhu dalam akun Instagram pribadinya usai bertemu Kaesang di kantor DPP PKS, Senin (8/7/2024). 

Baca Juga : Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta atau Jabar, Idrus Marham: Diumumkan Juli Setelah Hasil Survei

Kemudian Ahmad Syaikhu menyebutkan, pertemuan dengan Kaesang kemarin membahas isu-isu strategis dalam menghadapai Pilkada Serentak pada 27 November 2024

"Sebagai partai politik, silaturahmi seperti ini sangat penting karena bagian dari komunikasi untuk sama-sama membangun bangsa dan negara tercinta. Pada titik inilah, silaturahim partai politik tak terhindarkan," terang Ahmad Syaikhu.

Syaikhu menegaskan, jika PSI identik dengan anak-anak muda, begitu pula dengan PKS. Karena dalam Pileg 2024, banyak caleg berusia muda yang tampil.

"Bahkan cukup banyak di antara mereka yang terpilih," tuturnya.

Baca Juga : Diusung PKS sebagai Bakal Cagub di Pilkada Jakarta 2024, Begini Respon Anies Baswedan

Ahmad Syaikhu berharap bisa terus menjalin komunikasi dengan PSI. Sehingga bisa bersama-sama membangun kerja sama politik di Pilkada Jakarta

"Kami sangat senang silaturahim ini bisa terjalin. Sekali lagi, PKS membuka diri untuk berkomunikasi dengan siapapun. Semua dilakukan untuk perubahan bangsa dan negara yang lebih baik," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep menyatakan, seharusnya PKS sebagai partai yang bisa mencalonkan pasangannya sendiri di Pilkada Jakarta 2024, bisa mengusung kader internal sebagai gubernur dan bukan wakil.

“Ini menurut saya pribadi ya, PKS ini sebagai pemenang pemilu di Jakarta punya 18 kursi, saya rasa jauh lebih elok kalau ini mengusung gubernur,” kata Kaesang di kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (8/7/2024).