CIANJUR, CEKLISATU - Bupati Cianjur Herman Suherman mengeluarkan surat edaran tentang waspada peringatan dini potensi banjir, longsor dan cuaca ektrem serta angina kencang di wilayah Kabupaten Cianjur. Surat edaran tersebut ditunjukan kepada para Camat yang ada di 32 Kecamatan, Selasa, 31 Oktober 2023.


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi cuaca ekstrem yang  akan terjadi pada bulan Oktober- Desember 2023.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB ) Kabupaten Cianjur Asep Kusmana membenarkan adanya surat edaran tersebut. Asep menghimbau  kepada masyarakat untuk waspada potensi cuaca ekstrem peralian dari musim kemarau ke musim hujan.

Baca Juga : Tiang Listrik di Ciomas Roboh hingga Nyaris Menutup Jalan


“ Dengan adanya surat edaran dari Bupati tersebut nomor 360/9910/ BPBD/2023 yang ditujukan kepada para Camat. Tentang peringatan dini potensi banjir, longsor, cuaca ekstrem, angin kencang di Kabupaten Cianjur, kami langsung membuat himbauan waspada adanya cuaca eksterm berrdasarkan surat edaran tersebut, masyarakat untuk waspada potensi cuaca ekstrem peralian dari musim kemarau ke musim hujan” ujarnya.


Masih kata Asep potensi tanah longsor, Banjir terdapat disetiap kecamatan di Kabupaten Cianjur dikarenakan memiliki kontur tanah yang berbukit. Selain itu pihaknya juga sudah menindaklanjuti surat edaran tersebut untuk mempersiapkan potensi cuaca ektrem ini.


“ Kalau banjir dan longsor di setiap kecamatan di Cianjur potensi ya karena kontru tanah baik di utara maupun Cianjur Selatan. Dan kita sudah persiapkan waspada potensi peralihan cuaca ini,” imbunnya.


Sementara itu pantauan di wilayah Kabuaten Cianjur hingga menjelang malam ini hujan disertai angina turun sejak pukul 17:00 wib.