JAKARTA, CEKLISSATU - Kerusakan akibat badai tornado dilaporkan terjadi di bagian Selatan dan Barat Tengah. Negara bagian Arkansas dan Missouri Amerika Serikat dinyatakan darurat.


Sekitar 260 orang berada di Teater Apollo, Belvidere, ketika atap runtuh pada pukul 19:55 waktu setempat (01:05 WIB), kata departemen pemadam kebakaran setempat.


Satu orang tewas dan puluhan lainnya terluka setelah badai menyebabkan atap teater runtuh di Illinois pada pertunjukan heavy metal yang padat.


Kepala pemadam kebakaran Shawn Schadle mengatakan lima orang berada dalam kondisi serius.


Serangkaian tornado dahsyat melanda beberapa negara bagian AS pada hari Jumat, menewaskan sedikitnya empat orang.


Tornado melanda ibukota Arkansas, Little Rock, dampaknya membalikkan mobil, menghancurkan atap, dan menumbangkan pohon. Pejabat setempat mengatakan satu orang tewas dan walikota melaporkan bahwa sedikitnya 24 orang terluka.


Gubernur negara bagian itu, Sarah Huckabee Sanders, membenarkan kematian dua orang di kota Wynne, sekitar 170 km dari Little Rock.


Lebih dari 40 laporan tornado dibuat di enam negara bagian pada Jumat malam, menurut Pusat Prediksi Badai pemerintah AS.


Beberapa penerbangan di Bandara Internasional Chicago O'Hare ditunda atau dibatalkan karena penumpang disuruh berlindung karena apa yang digambarkan sebagai "cuaca buruk".