LUMAJANG, CEKLISSATU - YC (34), warga Lumajang, Jawa Timur, nekat memotong alat vital suaminya sendiri, IPN (20) pada Selasa, 16 Mei 2023. Wanita tersebut nekat memotong kemaluan suaminya karena tidak terima ditalak atau dicerai.

Polisi sudah menahan pelaku dan kasus kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT itu kini sedang ditangani polisi.

"Motif YC melakukan perbuatan itu lantaran merasa sakit hati lataran suaminya menceraikannya," kata Kapolresta Solo Kombes Iwan Saktiadi, Rabu 17 Mei 2023.

Alasan tersebut juga dibenarkan YC saat ditanya Iwan dalam konferensi pers itu. YC mengaku saat akan menikah dengan IPN di Bali, ia sudah berkorban dengan berpindah agama demi bisa hidup bersama dengan kekasihnya itu. Namun setelah menikah YC mengaku IPN justru sering membuatnya kecewa dan sakit hati. 

"Ia nakal, sering MeChat, dan sering open BO, awalnya itu saya biarkan. Sampai dia pernah menggoda teman saya dan itu juga saya maafkan. Terus dia ninggal utang di Bali. Dan kita mau rembukan (membahas) tentang itu. Makanya saya ke sini (rumah orang tua kandung IPN) menjelaskan masalah itu," kata dia. 

Akan tetapi justru malah keributan. YC mengaku diusir oleh kakak pertamanya dan ibunya. "Diperlakukan tidak enak lah, sampai saya dicerai, ditalak," ucapnya. 

Setelah diusir dari rumah orang tua kandung IPN dan disuruh pulang ke Bali, ia diantar ke Terminal Tirtonadi Solo oleh korban. Namun sebelum keberangkatannya, YC meminta untuk bertemu dengan IPN di sebuah hotel di Solo hingga akhirnya IPN bersedia bertemu di hotel itu. 
YC juga mengaku telah merencanakan memotong alat vital suaminya itu sehingga ia sengaja membeli pisau cutter. 

"Ya bisa dibilang begitu (merencanakan akan memotong alat vital). Tapi saya juga bertanggung jawab atas perbuatan saya. Setelah kejadian, saya yang memerban suami dan ikut mengantar ke rumah sakit, saya yang mendaftarkan sampai menunggu suami saya mendapatkan perawatan, saya akhirnya Pak Polisi  menangkap saya," tuturnya. 

Adapun terkait kondisi korban, Iwan mengatakan saat ini kondisinya membaik namun masih dirawat di rumah sakit.