BOGOR, CEKLISSATU - Video berdurasi 41 detik yang memperlihatkan Bupati Bogor, Iwan Setiawan tidak menyalami Komandan Kodim (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara dan salah seorang anggota TNI, viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, Iwan terlihat hanya menyalami Kapolres Bogor, kemudian Kabid Lalin Dishub, dilanjutkan ke Kadishub Kabupaten Bogor.

Pada saat yang bersamaan,  Letkol Kav. Gan Gan memberikan hormat kepada Iwan Setiawan, namun Iwan melanjutkan salaman dengan Camat Parungpanjang, Icang.

Baca Juga : Pasca Pasutri Tewas Karena Longsor, Bupati Minta BPBD Keluarkan Edaran Mitigasi Bencana

Gan Gan yang berada persis di sampingnya dilewati salam oleh Iwan Setiawan meski sudah hormat kepadanya. Usai bersalaman dengan Camat Parungpanjang, tangan Iwan melewati dua tangan TNI sekaligus dan langsung bersalaman dengan Warga. 

Salah satu anggota TNI lainnya bahkan hormat sembari menunduk dan menempelkan tangannya ke pergelangan tangan Iwan untuk bersalaman, namun Iwan tetap melanjutkan salaman dengan warga terlebih dahulu. 

Peristiwa tersebut pun ditanggapi Iwan. Dia menegaskan bahwa apa yang terjadi dalam video bukan lah sebuah unsur kesengajaan dan ketidaksukaan. 

Dia malah mengaku bingung kenapa video tersebut bisa ramai di jagat media sosial. 

"Ga ada itu, saya bingung, saya berangkat bareng (dengan Gan Gan), pulang juga bareng," kata Iwan, Rabu 29 November 2023.

Malahan, dia menduga ada orang yang tidak suka dengan kekompakan dirinya dengan Forkopimda khusunya TNI.

"Mungkin ada orang yang tidak suka kita kompak lah. Saya tahu orangnya," terang Iwan.