JAKARTA, CEKLISSATU - Kejaksaan Agung (Kejagung) RI disebut layak diapresiasi atas keberanian dan ketegasannya   dalam menetapkan  Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate sebagai tersangka, dan sekaligus menahanannya  dalam kasus korupsi pembangunan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kominfo dengan dugaan kerugian negara 8Triliyun.


"Ini  angka korupsi yang besar, apalagi dilakukan oleh Menterinya sendiri,  untuk itu kejaksaan harus melakukan penuntutan dan menerapkan sanksi pidana yang lebih tinggi dan berat kepada para pelaku karena menyalahgunakan jabatannya sebagai Menteri," papar Dosen Hukum Universitas Trisakti, Azmi Syahputra, Kamis 18 Mei 2023.

Baca Juga : Sebanyak 4.460 Calon Jamaah Haji Asal Jabar Belum Melunasi BPIH, Ini Solusi Ridwan Kamil


Lebih lanjut dikatakan Azmi, itu merupakan bentuk langkah konkrit dan  keberanian Kejaksaan, dan ini juga harus diakui sebagai upaya penegakan hukum yang berkualitas,  dan menjadikan trend kejaksaan tumbuh positif , dimana saat ini ,insitusi kejaksaan lebih maju dan berani, dalam proses  menenegakan hukum lainnya terutama dari capaian kinerjanya.


Langkah keberanian dan ketegasan Kejaksaan Agung ini, dapat menjadi rujukan untuk menunjukkan bahwa kepercayaan publik pada 
Kejaksaan  menempatkan di posisi terbaik dan tertinggi  di antara lembaga penegak hukum lainnya.


Azmi pun juga memberi penilaian,  dengan mentersangkakan dan melakukan penahanan atas Menteri yang masih menjabat Ini, itu merupakan bukti bahwa kejaksaan independent, profesional,  objektif berdasarkan fakta dan bukti atas perbuatan para pelaku.


"Hal ini juga sekaligus dimaknai sebagai bahwa kejaksaan agung memberikan ruang partisipasi masyarakat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi," ujarnya.


Bahkan, lanjut Azmi, akhir-akhir ini terlihat masyarakat lebih banyak  melaporkan pengaduan pada kejaksaan agung, sekaligus dapat dikatakan proses transformasi kejaksaan agung dibawah kepemimpinan JA, ST Burhanuddin sampai saat ini semakin tumbuh dan berhasil merebut dukungan publik, dengan kinerja -kinerja nyata dalam ketegasannya memimpin institusi kejaksaan agung.