JAKARTA, CEKLISSATU - Militer Israel menembakkan rudal di Tepi Barat, dan menewaskan 3 warga Palestina. 

Serangan itu dilakukan Israel untuk mengejar “para tersangka yang dicari”. 

Kementerian mengidentifikasi tiga orang yang tewas sebagai Qassam Abu Saria (29), Khaled Assassa (21) dan Ahmed Saqer (15), seperti dilansir dari AFP, Senin 19 Juni 2023.

"Helikopter IDF (militer Israel) melepaskan tembakan ke arah orang-orang bersenjata untuk membantu penarikan pasukan" setelah "sejumlah besar alat peledak dilemparkan ke arah pasukan", ujar militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga : Mentan Syahrul Yasin Limpo Penuhi Panggilan KPK

Militer Israel menyebut sebuah kendaraan militer telah rusak akibat alat peledak.

“Ini adalah pertama kalinya sejak 2002 - selama intifada atau pemberontakan Palestina - bahwa militer Israel telah menembakkan rudal dari sebuah pesawat selama serangan di Jenin,” ujar pejabat intelijen Palestina kepada AFP. 

Wakil gubernur Jenin, Kamal Abu al-Rub mengatakan kepada AFP, bahwa pasukan Israel melancarkan serangan pada Senin 19 Juni 2023 sekitar pukul 04:00 waktu setempat.

"Tentara dalam jumlah besar menyerbu kamp (pengungsi Jenin) dan kota setelah sholat subuh, dan terjadi baku tembak yang intens," kata dia. 

Israel telah menduduki Tepi Barat sejak Perang Enam Hari pada tahun 1967 dan pasukannya kerap melancarkan serangan ke kota-kota Palestina. Sebelumnya, pada bulan Maret, empat warga Palestina tewas dalam serangan tentara Israel di kamp pengungsi Jenin.