BOGOR, CEKLISSATU - Kondisi Terminal Bubulak di Kecamatan Bogor Barat, memang memprihatinkan. Upaya revitalisasi dan perbaikan harus segera dilakukan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan di terminal tersebut.

Namun, untuk melakukan revitalisasi Terminal Bubulak sesuai Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) yang telah dirancang pada 2019 lalu, membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kepala Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Bogor, Marse Hendra mengatakan bahwa Terminal Bubulak masih menjadi aset Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan pengelolaannya masih berada di Dishub.

Baca Juga : Akhirnya, Kantong Parkir Tambang Sudah Dapat Digunakan

Tentunya, masih kata Marse, Terminal Bubulak akan dilakukan perbaikan secara menyeluruh dan pada tahun 2021, telah dilakukan peninjauan kembali terhadap rencana penataan atau perbaikan Terminal Bubulak.

"Usulan tersebut kemudian diusulkan pada tahun 2023, dan telah muncul dalam Rencana Kegiatan Perangkat Daerah (RKPD) sebagai tahapan awal. Total anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan mencapai Rp180 miliar," ucapnya pada Rabu, 17 Januari 2024.

Meski usulan emplasemen dasar telah diajukan pada 2023, sambung Marse, anggarannya belum dapat ditetapkan, sehingga hal ini memicu upaya kerjasama dengan pihak ketiga sebagai solusi, mengingat keterbatasan anggaran. 

"Meskipun tidak ada kegiatan fisik pada tahun 2024, pelayanan tetap diupayakan dengan mencari investor dan pola kerjasama. Dalam upayanya untuk tetap memberikan pelayanan, kami sedang menyusun aturan untuk memungkinkan kerjasama dengan pihak ketiga," ungkapnya.

Marse berharap dengan upaya menggandeng pihak ketiga dapat membangun dan mengelola Terminal Bubulak kedepannya.

Selain itu, sambung Marse, pihaknya juga telah mengupayakan pengajuan dukungan dari pusat dan DKI Jakarta. Sebab, ada segmen penumpang yang menuju DKI Jakarta, meskipun hal ini masih dalam tahap pembahasan. 

"Kami sempat mengundang beberapa investor, membahas aturan dan pelaksanaan kerjasama. Kami juga tidak mau disalahkan, jadi kita benarkan dulu aturannya, ada nggak aturan dasar hukumnya. Kemudian pelaksanaannya seperti apa, karena ini menggunakan anggaran pihak ketiga yang harus saling menguntungkan," katanya.

Marse menekankan bahwa fokusnya yakni pada pelayanan, sehingga masyarakat dapat merasa nyaman dan aman menggunakan fasilitas Terminal Bubulak yang menjadi titik simpul atau terminal penumpang.