BOGOR, CEKLISSATU – Bulan Ramadan seminggu lagi akan tiba. Banyak masyarakat melakukan tradisi kumpul dan doa bersama sekaligus saling bermaafan. Di Bogor tradisi ini dinamakan cucurak. Untuk meramaikan cucurak, Kebun Raya Bogor menawarkan berbagai promo menarik. Apa saja promonya?

General Manager Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin mengatakan cucurak merupakan tradisi khas yang berasal dari kebudayaan Sunda khususnya di Kabupaten dan Kota Bogor. Cucurak menjadi bagian tak terpisahkan dalam menyambut bulan Ramadan. Secara turun temurun, tradisi itu terus dipertahankan oleh masyarakat Sunda hingga saat ini. Cucurak atau curak-curak berasal dari bahasa Sunda dialek Bogor yang memiliki arti senang-senang atau bersenang-senang. Dalam tradisinya, cucurak dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga besar atau kolega.

“Makna sesungguhnya dari cucurak adalah mencari ridho dari Allah SWT, bersilahturahmi bersama keluarga, mencari keberkahan, saling mendoakan agar dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan diberikan kelancaran,” ujar Zaenal Arifin.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan OKP Garuda KPP-RI, Ketua KNPI Kabupaten Bogor : Mari Bangun Pemuda di Bumi Tegar Beriman

Untuk melakukan cucurak, biasanya masyarakat memilih berbagai tempat. Salah satu pilihannya adalah tempat wisata seperti Kebun Raya Bogor. Beberapa lokasi yang sering di kunjungi masyarakat untuk cucurak antara lain danau gunting, taman palem, taman astrid, taman garuda. Selain melakukan silahturahmi, di Kebun Raya Bogor, masyarakat juga bisa sekalian berwisata. Oleh karena itu, Kebun Raya Bogor menyajikan berbagai program cucurak menyambut Ramadhan.

Sales and Marketing Manager Kebun Raya Bogor, Susi Suparlina mengatakan Kebun Raya Bogor program cucurak menyambut Ramadhan dilakukan mulai 1 sampai 9 Maret 2024 mendatang. Program ini diadakan untuk mengakomodasi pengunjung yang melakukan tradisi cucurak bersama keluarga dan teman di Kebun Raya Bogor, dengan membeli promo ini pengunjung cukup datang ke kebun raya tanpa membawa banyak barang bawaan.

Promo ini menawarkan 3 paket menu makanan mulai dari Rp 250.000 untuk 4 orang yang bisa dinikmati di Secret Garden dan Resto Raasaa, namun pengunjung juga bisa menikmati paket ini di area lainnya di Kebun Raya Bogor,” ujar Susi Suparlina.

Tiga paket tersebut adalah paket 1 seharga Rp 250.000 yang terdiri dari nasi putih, ayam goreng rica - rica, urap sayuran, sambal dan kerupuk. Sementara paket 2 senilai Rp 250.000 terdiri dari nasi putih, ayam goreng rempah, tumis kangkung, sambal dan kerupuk. Sedangkan paket 3 senilai Rp 275.000 terdiri dari nasi putih, dory sambal matah, tumis buncis bakso, sambal dan kerupuk. Harga paket belum termasuk tiket masuk Kebun Raya Bogor