BOGOR, CEKLISSATU - Jumlah rumah terdampak gempa bumi di wilayah Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor bertambah. Berdasarkam kaji cepat sementara, ada 72 rumah warga rusak ringan, sedang hingga berat.

"Data sementara dikarenakan masih ada satu kampung lagi yang belum dikaji cepat dan data jumlah rumah serta kerusakan rumah yang terdampak bisa berubah dikarenakan di lokasi saat ini masih ada gempa susulan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor M. Adam dalam keterangannya, Sabtu (9/12/2023).

Adam mengatakan, jumlah sementara itu tersebar di Kampung Cigaherong, Kampung Padajaya, Kampung Padajembar dan Kampung Cimapag. Tercatat, 72 KK dengan 249 jiwa yang terdampak.

Baca Juga : Greenwoods Group Serahkan Pengelolaan Aset Damara Village Kota Bogor Kepada Warga Perumahan

"Fasilitas umum terdampak ada musola, masjid, sekolah dasar, MCK dan PAUD," tambahnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerusakan rumah yang terjadi, membuat 11 KK dengan 44 jiwa mengungsi sementara ke tempat yang aman.

"Tim masih melakukan kaji cepat ke lokasi dampak gempa karena lokasi terdampak cukup berjauhan dengan kondisi jalan yang masih berbatuan  Dampak gempa mengakibatkan kondisi rumah mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat. Dibutuhkan penangan lebih lanjut dari dinas terkait mengingat gempa susulan masih suka terjadi," pungkas Adam.

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan magnitudo 4,0 mengguncang Bogor sekira pukul 02.00 WIB pada Jumat 8 Desember 2023.

Lokasi gempa berada di 25 kilometer dari Barat Daya Kota Bogor, Jawa Barat. Pusat gempa berada di darat, tepatnya di kedalaman 5 kilometer.