BOGOR, CEKLISSATU -- Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, didampingi Kadiskominfo, unsur Muspika Kecamatan Nanggung, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Wawan Hikal Kurdi serta masyarakat meresmikan Pencanangan Program Merdeka Sinyal di Kampung Ciguha, Kecamatan Nanggung.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tahun dan menjelang Hari Jadi Bogor ke-542, diketahui bahwa Kampung Ciguha selama ini merupakan kampung yang terisolasi dengan akses komunikasi, atau masih daerah blank spot.

"Tapi hari ini tadi Alhamdulillah kita saksikan bersama, kami dapat berkomunikasi langsung melaporkan launching ini kepada pak Pj Gubernur Jawa Batat yang sedang ada di Bali bahwa hari ini Kampung Ciguha sudah bebas merdeka dan sudah terbuka akses informasi," ungkap Asmawa Tosepu kepada ceklissatu.com.

Baca Juga : TPPAS Nambo Diuji Coba, Kabupaten Bogor Harap Dapat Kuota Lebih Besar Tangani Sampah

Maka itu pihaknya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, dan masyarakat Kampung Ciguha menyampaikan terimakasih kepada PT Telkomsel dan Telkom. Karena masyarakat Ciguha sudah diberi kesempatan untuk menikmati bebas merdeka sinyal itu.

"Kami juga menyampaikan terimakasih kepada berbagai pihak yang selama ini sudah mendukung pembangunan di Kabupaten Bogor, Misalnya dari PT Antam UPBE Pongkor yang senantiasa memberikan pendampingan kepada masyarakat. Kemudian pihak-pihak lainnya, unsur pimpinan DPRD yang saat ini mendampingi kami ini, memastikan bahwa apa yang kita lakukan dalam kerangka sinergi semua stakeholder," terang Asmawa Tosepu.

Asmawa Tosepu menyebutkan, kampung tersebut terisolasi akses komunikasi sejak Indonesia merdeka, dan baru hari ini terbuka.
Saat ditanya bentuknya BTS belum tower, ia mengatakan, ke depan akan dievaluasi.

"Posisi BTS ini kalo sudah mampu melayani kebutuhan masyarakat di Ciguha, saya pikir itu bisa dipertahankan, tinggal kita maintenance aja. Tapi memang ternyata pada pelaksanaannya, setelah dievaluasi masih membutuhkan tower, maka itu akan diupayakan oleh pemerintah," jelasnya.

Ia melanjutkan, pemerintah dalam hal ini Kabupaten Bogor berusaha memberikan pelayanan itu adil, tidak ada diskriminasi, termasuk layanan komunikasi.

"Kalau yang lain di Cibinong bisa, kenapa di Ciguha tidak bisa. Itu prinsipnya," tegasnya.

Kemudian terkait adanya rencana pemasangan WiFi gratis untuk sekolah, Asmawa Tosepu menegaskan bahwa nanti akan dikomunikasikan dengan provider. Karena sebelumnya disampaikan oleh pihak provider mereka akan memberikan beberapa bantuan fasilitas dalam enam bulan ke depan.

"Nah, ini kesempatan kita untuk melakukan evaluasi, kalo itu kebutuhan pasti akan kita dorong," tuturnya.

Dalam kesempatan kegiatan tersebut, Asmawa Tosepu sempat berbincang bersama Pj Gubernur Jawa Barat yang sedang bertugas di Bali menggunakan sambungan telepon langsung.

"Pak Pj Gubernur menyampaikan selamat kepada Kampung Ciguha atas terbukanya akses informasi ini. Mudah-mudahan dengan merdeka bebas kita mengakses informasi ini akan memberikan dampak positif, terutama dalam rangka peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, juga pendidikan. Bagaimana bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kita, anak-anak sekolah kita bisa belajar online, mencari materi pembelajaran secara online," pungkasnya.