CIREBON, CEKLISSATU - Lima orang tewas dan tiga luka berat akibat kecelakaan antara Bus Habibah Jaya dengan truk pengangkut beras di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 186.200, Sabtu, 25 Februari 2023 pagi. 

Kanit Gakkum Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon Endang Kusnandar mengatakan kecelakaan lalu lintas di jalan Tol Cipali KM 186.200 itu terjadi sekitar jam 04.30 WIB. 

Mulanya, bus Habibah Jaya Kencana K-7031-OB melaju dari arah Cikopo menuju Palimanan, Kabupaten Cirebon. Setibanya di tempat kejadian sopir kurang antisipasi dan bus bermuatan puluhan penumpang itu menabrak bagian belakang truk B-9038-FYT pengangkut beras.

Baca Juga : Bus Habibah Jaya Tabrak Ekor Truk di Tol Cipali, 5 Orang Tewas

"Diduga sopir mengantuk, sehingga tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya," katanya.

"Posisi akhir kedua kendaraan normal di lajur 1 menghadap timur," kata dia. 

Akibat kejadian itu, kondisi bus nampak mengalami kerusakan parah pada bagian depan. Sementara truk yang membawa muatan beras rusak di bagian belakang.

Endang mengatakan, dalam kecelakaan maut itu, sopir bus dan empat orang penumpangnya meninggal dunia. Sementara belasan penumpang lainnya mengalami luka berat dan luka ringan.

"Korban meninggal dibawa ke Rumah Sakit Arjawinangun, sedangkan korban luka-luka dibawa ke Rumah Sakit Mitra Plumbon," ujarnya. 

Para korban sudah dibawa ke rumah sakit, untuk yang mengalami luka berat di bawa ke RS Mitra Plumbon dan telah mendapatkan pertolongan, sedangkan korban meninggal dunia di bawa ke RSUD Arjawinangun.