BOGOR, CEKLISSATU - Puluhan siswa kelas 7 dan 8 SMP Marsudirini, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, keracunan makanan. Akibatnya, para siswa tersebut terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Sentosa.

Komisaris Utama RS. Sentosa, Kol (purn) Dr. Frits M. R, SpOG (K), MARS membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, puluhan siswa keracunan diduga dari makanan yang mereka makan saat di Asrama Marsudirini.

"Pihak sekolah mengantarkan siswa dan siswi menggunakan bus ke IGD RS Sentosa pada pukul 08.30 WIB. Kami pun segera menyiapkan ruangan khusus untuk menangani dan memberikan pelayanan kesehatan dengan tim medis dan paramedis dengan baik di aula RS agar mempermudah koordinasi dan penanganan," ucapnya pada Senin, 20 Februari 2023.

Dari hasil pemeriksaan, lanjutnya, terdapat siswa dengan gejala ringan sebanyak 20 orang, gejala sedang 33 orang dan gejala berat 2 orang. 

"Untuk siswa dengan gejala ringan dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan pemberian obat, sedangkan siswa gejala sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan pemberian infus dan obat, serta siswa gejala berat dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan pemberian infus dan rencana rawat inap," jelasnya.

Kendati demikian, Dr. Frits mengaku bahwa kondisi para pasien sudah mulai kondusif sejak pukul 11.30 WIB dan siswa pun terlayani dengan baik. Namun dua pasien masih menjalani perawatan karena kondisinya masih belum stabil. 

"Tim identifikasi Lab RS Sentosa telah meminta sample makanan yang dikonsumsi dan memeriksakan sample tersebut ke Labkesda untuk investigasi selanjutnya," katanya.