SINGAPURA, CEKLISSATU – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengusulkan agar segera dilakukan gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina. 

"Setidaknya, mari kita coba ajukan beberapa rekomendasi konkret sehingga pertemuan seperti Dialog Shangri-La akan memiliki substansi dan makna yang lebih," ujar Prabowo saat sesi tanya jawab di International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 20th Asia Security Summit, Singapura, Sabtu 3 Juni 2023.

Ia juga mengajak semua pihak, khususnya negara-negara di Eropa untuk turut mencari jalan damai bagi Rusia dan Ukraina.

"Tolong teman-teman Eropa, tolong jangan berpikir dalam jangka waktu 5 atau 10  tahun, pikirkan dalam jangka waktu 50 tahun," ucap dia. 

Prabowo mengatakan negara-negara di dunia semestinya tidak lagi berkutat pada penilaian pihak yang benar atau salah. Melainkan lebih pada mengupayakan resolusi perdamaian untuk menghentikan perang.

"Kami tidak berbicara tentang benar atau salah, saya mengusulkan agar mencoba resolusi konflik," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan Indonesia dengan tegas menolak segala bentuk invasi Rusia terhadap Ukraina. 

"Posisi Indonesia sangat jelas. Di PBB kami vote menentang invasi Rusia," ujar dia. 

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga akan terus mendorong agar dilakukan deklarasi damai yang dihasilkan dari pertemuan Shangri-La Dialogue. Ini agar konflik Rusia-Ukraina yang sudah berlangsung lebih dari setahun segera berakhir.