JAKARTA, CEKLISSATU – Menjelang pelaksanaan Misa Akbar pemimpin Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno, kepolisian akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK Senayan Jakarta, Kamis (5/9/2024) sekitar pukul 06.00 WIB.

"Perlu diketahui masyarakat dan mungkin aktivitas masyarakat Jakarta akan sedikit terganggu pada hari Kamis mulai pukul 06.00 WIB,” ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Metro jaya, Kombes Latif Usman, Senin (2/9/2024).

“Khususnya di jalur seputaran Gelora Bung Karno, kami akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas. Ini dari pagi," tambahnya.

Selain itu lanjutnya, polisi juga akan menerapkan tiga skema rekayasa lalu lintas. Di antaranya hijau, kuning, dan merah.

Baca Juga : Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan dan Kawal Rangkaian Kegiatan Paus Fransiskus di Indonesia

Untuk diketahui, skema hijau artinya penerapan situasi lalu lintas yang berlangsung normal, atau seperti hari-hari biasa.

Kemudian skema kuning artinya menerapkan sejumlah pengaturan, termasuk pengalihan ruas jalan di sekitar Stadion Gelora Bung Karno. 

Skema merah, yakni menyangkut pengaturan seluruh jalur lalu lintas di Jakarta

"Khususnya jalur yang dari arah timur yaitu Cawang-Halim, yang dari arah barat yaitu Tomang dan Pluit. Nah ini akan kami rekayasa dari jauh-jauh," terangnya.

Rekayasa lalu lintas juga diterapkan di area dalam kompleks Stadion GBK Senayan, Jakarta

Baca Juga : Gelar Apel Siaga, PLN Pastikan Pasokan Listrik Kunjungan Paus Fransiskus dan ISF 2024 Andal

Kebijakan ini dilakukan untuk menjadi gambaran kelancaran ketika peserta Misa Akbar mulai memasuki lokasi. 

Menurutnya, rekayasa di sekitar kompleks Stadion GBK Senayan, Jakarta penting dilakukan. 

Mengingat, di hari yang sama juga terdapat kegiatan Indonesia International Sustainibility Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) yang berada di kawasan Stadion Gelora Bung Karno. 

"Mereka (ISF) selesainya jam 17.00 WIB. Kegiatan Paus, nanti masuknya acaranya adalah jam 17.00 WIB,” terangnya. 

“Sehingga massa yang yang akan mengikuti Misa ini diharapkan mulai pukul 10.00 WIB sudah mulai masuk ke GBK," tambahnya.

Latif mengatakan, peserta Misa sudah berada di dalam lokasi ketika kegiatan ISF selesai, sehingga tidak terjadi penumpukan jalur dalam. 

"Ini akan kami atur sedemikian rupa, karena nanti pada hari itu, yang sudah terdaftar ada 1.390 bus yang akan masuk di GBK," jelasnya.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada Selasa hingga Jumat (6/9/2024). 

Paus dengan nama asli Jorge Mario Bergoglio tersebut sebenarnya dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada 2020, namun agenda ini batal karena pandemi Covid-19. 

Dalam kunjungannya ke Indonesia yang dipusatkan di Jakarta, Paus akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pemimpin gereja Katolik di Tanah Air. 

Paus juga dijadwalkan menghadiri Misa Kudus bersama umat Katolik dari berbagai daerah di Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Madya, Jakarta.