BOGOR, CEKLISSATU - Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) 3 Universitas Djuanda (UNIDA) melaksanakan kegiatan Kebhinekaan yang merupakan rangkaian dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), dengan mengunjungi Curug Panjang Megamendung Kabupaten Bogor pada hari sabtu (18/11). PMM yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sejak tahun 2020 itu dilaksanakan dengan teknis mobilitas mahasiswa selama satu semester.

 
Dalam upaya mengimplementasikan kepedulian lingkungan, Kelompok 1 Sadulur Kadeudeuh PMM 3 UNIDA melakukan kunjungan ke objek wisata Curug Panjang Megamendung Kabupaten Bogor sekaligus melakukan aksi bersih-bersih lingkungan Wisata Alam Curug Panjang dan memberikan sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan serta dan membuang sampah pada tempatnya kepada pengunjung.


Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda sekaligus Pembimbing Modul Nusantara Kelompok 1 Sadulur Kadeudeuh Faisal Tri Ramdani memaparkan, bahwasannya kegiatan ini menjadi salah satu outcome dalam kerangka kerja logis modul nusantara yaitu Mahasiswa diharapkan memiliki peningkatan kesadaran akan kelestarian lingkungan dan mampu memberikan solusi terhadap masalah kelestarian lingkungan.

Baca Juga : Keren! Mahasiswa Baru FISIP UNIDA Bertabur Prestasi Akademik dan Nonakademik


“Outcome yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah untuk mengeksplore keindahan curug panjang,  dan juga untuk menumbuhkan rasa kesadaran mahasiswa dalam menjaga lingkungan agar bisa dinikmati sebagai karunia dan nikmat sang pencipta,” ujarnya.


Aksi bersih-bersih ini dilakukan dengan cara mahasiswa menyusuri tempat-tempat berkumpulnya pengunjung dengan membawa trushbag agar mereka memasukkan sampahnya. 
 Tak hanya mengimplementasikan kebersihan lingkungan, akan tetapi aksi ini dapat meningkatkan kesadaran pengunjung agar lebih peduli dan dapat sama-sama menjaga kelestarian lingkungan curug.


Arina Badria, mahasiswi asal Universitas Samudra anggota Modul Nusantara Kelompok 1 Sadulur Kadeudeuh mengungkapkan harapan baik dari aksi ini.


"Harapannya, aksi ini dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kesadaran pengunjung sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," katanya.