BOGOR, CEKLISSATU - Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Komisaris Polisi Rizka Fadhila menyatakan, pihaknya akan menindak lanjuti adanya informasi dugaan pungli di Pasar TU Kemang yang terletak di Kecamatan Tanah Sareal,  Kota Bogor.

"Kami cek terlebih dahulu informasi tersebut Mas," ucapnya kepada Ceklissatu.com saat dikonfirmasi pada Senin, 16 Oktober 2023.


Sebelumnya, hal serupa dilakukan juga oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor menyikapi dugaan praktik pungli tersebut. 

Baca Juga : Soal Dugaan Praktik Pungli di Pasar TU Kemang, Perumda Pasar Minta Karcis yang Beredar Dihentikan


Kasi Intelijen Kejari Kota Bogor, Sigit Prabawa Nugraha mengatakan bahwa menyikapi adanya dugaan praktik  pungli di Pasar TU Kemang, pihaknya akan segera menindak lanjuti.


"Coba kita cek dulu ya," ucapnya saat dikonfirmasi Ceklissatu.com pada Jumat, 13 Oktober 2023.


Di sisi lain, Direktur Umum (Dirut) Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Muzakkir secara tidak langsung mengakui adanya peredaran tiket sumbangan yang akan diberlakukan pungutan kepada setiap pengunjung Pasar TU Kemang.


"Terkait karcis yang beredar sebagaimana hasil klatifikasi kepada organisasi tersebut bahwa itu baru uji coba yang telah dilakukan kemarin sore," ungkapnya.


"Oleh perumda pasar sejak hari ini minta untuk dihentikan, sebab bisa membuat pengunjung bingung," tambahnya.


Muzakkir menyebut, perlu diketahui pula bahwa di seluruh pasar selalu ada kuli bongkar dan muat. "Dan perumda pasar tidak mengatur ranah jasa kuli bongkar muat," katanya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto turut menyoroti adanya dugaan pungli tersebut. Atang meminta perbuatan pungli di pasar Induk Kemang untuk segera di bongkar dan diungkap. 


"Harus ditertibkan dan diberikan penindakan terhadap yang melakukan pelanggaran," tegas Atang ketika dikonfirmasi Ceklissatu.com.


Politisi PKS inipun sangat mengecam perbuatan atau adanya aksi pungli di lembaga manapun. Menurutnya, dalam pengelolaan pasar memang sangat rentan dengan adanya praktik pungli


"Tindak tegas dan apabila memang terbukti ada kegiatan pungli, aparat berwenang harus segera bertindak. Apalagi Perumda PPJ yang sudah ditunjuk mengelola pasar yang harus menertibkan, melakukan pembenahan," katanya.